Wisatawan Keluhkan Toilet di Sejumlah Objek Wisata Padang

Padang - Pada libur panjang akhir tahun ini, sangat banyak wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara yang berkunjung ke Padang, namun keluhan mereka tetap sama dari tahun ke tahun yaitu terkait minimnya fasilitas toilet dan kebersihannya yang tidak terjaga," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan keluhan wisawatan terkait kebersihan toilet tersebut di antaranya di objek wisata Pantai Padang, Pasie Jambak dan Pantai Air Manis.

"Seharusnya pemerintah membuat anggaran khusus untuk membenahi objek wisata Kota Padang termasuk fasilitas toilet yang masih di bawah standar, sedangkan para wisatawan memiliki ekspektasi tinggi terhadap pariwisata Padang," jelasnya.

Selain meminta pemerintah kota untuk memperbaiki infrastruktur, sarana dan akomodasi di setiap objek wisata Padang, ia menyampaikan bahwa wisatawan yang datang turut mengapresiasi berbagai perubahan yang telah dilakukan seperti pembersihan Pantai Padang dari pondok-pondok dan pembenahan pada wisata Batu Malin Kundang dan Pantai Air Manis.

"Kami mengusulkan agar Padang terus berinovasi seperti memperkuat wisata syariah dan menunjukkan kekhasannya sebagai kota budaya Minangkabau dengan menampilkan berbagai kegiatan seni seperti randai secara rutin," katanya.

Sementara Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang Medi Iswandi mengatakan akan terus melakukan pemantauan dan pembenahan fasilitas di objek wisata termasuk terkait kebersihan toilet.

"Untuk toilet yang berada di Pantai Air Manis, terdapat dua toilet yaitu ke arah Batu Malin Kundang yang berada di atas tanah masyarakat dan dikelola langsung oleh mereka. Kami akan mengimbau masyarakat setempat untuk membersihkan toilet yang disewakan pada pengunjung itu," katanya.

Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat tiga toilet yang berada di atas tanah pemerintah daerah dan dalam kondisi baik karena pihak terkait selalu mengecek kebersihannya.

Ia menyampaikan di daerah Pasie Jambak yang terbagi atas dua kawasan yaitu lahan milik masyarakat dan pemerintah memang belum memiliki toilet yang memadai, namun pihaknya telah mengajukan anggaran untuk pembangunan toilet di lokasi tersebut pada 2016.