Festival Hijau

Festival Hijau yang digelar Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (DTRK) dalam rangkaian kegiatan HUT Kota Payakumbuh ke-45, di lapangan bola basket GOR Kubu Gadang, selama dua hari, Sabtu dan Minggu (12-13/12), jadi  tontonan yang cukup  menarik bagi warga kota. Setelah dibuka Wakil Walikota H. Suwandel  Muchtar bersama Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi.

Kepala DTRK Payakumbuh Elfi Jaya, ST, melaporkan, selama Festival Hijau itu, digelar acara lomba mengambar bocah TK/PAUD berthemakan Kota Hijau, dengan agenda   lomba merangkai buah dan sayur antar-PKK kelurahan, lomba lagu minang  dan kontes  hewan jenis reptil.

Sepanjang acara, kontes hewan reptil yang diadakan Komunitas Kreatif Payakumbuh itu, mendapat sambutan hangat penonton. Masyarakat yang datang ke arena festival, diberi kesempatan memegang ular dan reptil lainnya.  Wakil Walikota Suwandel Muchta bersama Ketua TP-PKK Ny. Henny dan Kepala DTRK Elfi Jaya, tak takut dengan binatang tersebut.

Wakil Walikota  Suwandel Muchtar tampak dengan santai melilitkan ular ke badannya.  Sementara itu, ibuk ketua TP-PKK  meski takut melihat ular, namun merasa geli untuk memegangnya. “Saya tak berani memegang ular piton itu,” katanya.

Wakil Walikota Suwandel Muchtar  memberikan apresiasi buat DTRK dan komunitas kreatif dan kota haijau Payakumbuh, yang ambil bagian dalam kegiatan hari jadi kota ini. Wawako berharap, ke depan makin meningkatkan kesedaran warga kota dalam memelihara lingkungan hidup dan ekosistemnya.

Di bagian lain, wawako juga memujikan semangan anak muda Payakumbuh yang mampu memelihara  binatang jenis reptil di kota ini. Sebaliknya, wawako mengajak, agar warga tetap memelihar hewan reptil yang kelihatan hidup di sungai-sungai  dan di hutan kota serta tempat lainnya.  “Kita wajib memelihara binatang tersebut,”ingatnya