Pariaman Manfaatkan Bantuan Pengembangan Pariwisata

Anggota Komisi X DPR RI, John Kenedy Azis mengatakan, Kota Pariaman harus bisa memanfaatkan dana bantuan untuk pengembangan pariwisata yang dimiliki sekarang.

"Apabila kepala daerah mengajukan permohonan bantuan untuk pengembangan sektor pariwisata maka kita akan tindak lanjuti secepatnya," katanya di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan melihat daerah Pariaman yang saat ini terfokus kepada pengembangan sektor pariwisata, pemerintah setempat harus bisa memanfaatkan dana tersebut.

Terkait dana tersebut, pada awal 2016 pemerintah akan melakukan pembahasan APBN-P 2016.

Jika permohonan bantuan pengembangan sektor pariwisata telah diusulkan maka langsung ditindak lanjuti, bahkan John berniat mendatangkan kunjungan spesifik komisi 10 untuk melihat potensi wisata Pariaman.

Sebagai salah satu daerah tempat persinggahan beberapa daerah di Sumbar maka hal tersebut sangat potensial bagi Pariaman untuk meningkatkan potensi kunjungan pariwisata.

"Pariaman merupakan daerah pesisir pantai, sumber pendapatan daerahnya sangat terfokus kepada pariwisata dan laut," kata dia.

Meskipun demikian, ia juga meminta kepada pemerintah setempat harus bisa menyelaraskan wisata dengan nilai kebudayaan serta kearifan lokal yang dimiliki.

Terkait kesiapan daerah untuk kemajuan pariwisata, ia menilai pemerintah harus siap dengan segala hal untuk kemajuan wisata pariaman.

Ia mencontohkan suatu daerah bisa maju salah satunya dipengaruhi oleh pengembangan sektor pariwisata yang maksimal dan baik.

"Sebagai contoh negara Italia yang hanya berpenduduk 60 juta jiwa mampu mendatangkan wisatawan mancanegara hingga 50 juta jiwa setiap tahunya," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota setempat, Genius Umar mengatakan Kota Pariaman tidak memiliki potensi lain untuk digarap kecuali sektor pariwisata dan laut.

"Saya sudah sering berkomunikasi dan mengajak investor luar untuk menanamkan sahamnya di sini dengan memberikan pertimbangan Pariaman sebagai daerah pusat ekonomi beberapa daerah,"katanya.

Ia menilai dalam tiga tahun terakhir Pariaman sudah memperlihatkan kemajuan yang cukup signifikan pada sektor pariwisata yang di miliki daerah tersebut.

Hal tersebut dibuktikanya dengan keseriusan pemerintah daerah dengan mengagendakan event berskala nasional maupun internasional setiap tahunya.