A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Pesisir Selatan Ajak Perantau Investasi Bangun Mandeh

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, memperkenalkan keindahan dan potensi Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh kepada Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Provinsi Riau.

Penjabat Bupati Pesisir Selatan Alwis Darwis di Painan, Minggu (6/12) ketika menerima kunjungan IKPS Riaumengatakan, perantau perlu mengetahui perkembangan terkini kampung halamannya. Termasuk kegiatan pemerintah daerah yang sedang gencar mengembangkan sektor kepariwisataan.

Ia menyebutkan pemerintah pusat telah mencanangkan Pesisir Selatan sebagai destinasi wisata dunia. Pemerintah juga turun langsung menangani upaya tersebut.

Setelah KWBT diresmikan Presiden Joko Widodo, Kementerian Pariwisata mulai membangun homestay sebagai penunjang. Kementerian PU juga mengalokasikan Rp600 miliar untuk pembangunan jalan.

Ia mengharapkan masyarakat Pesisir Selatan dirantau juga terlibat dalam pengembangan kawasan wisata itu. Sebab potensi perantau sangat besar untuk menyukseskan kegiatan pembangunan di kampung halamannya menjadi lebih terkenal lagi di macan negara.

Para perantau bisa ikut menanamkan investasi dalam membangun sarana menunjang objek wisata, agar putra-putri daerah berperan dan tidak menjadi tamu di rumahnya sendiri.

Sementara itu Ketua IKPS Riau, Jhon Satri menyampaikan apresiasinya atas tekad pemerintah daerah yang akan menjadikan sektor pariwisata sebagai keunggulan daerah.

Hal itu mengingat potensi pariwisata yang dimiliki daerah sangat menjanjikan untuk menjawab tantangan perbaikan ekonomi masyarakat, utamanya di kampung halaman.

"Kami bersyukur adanya perhatian presiden. Ini kesempatan untuk lebih maju. Jadi promosi penyediaan infrastruktur sektor pariwisata ini harus gencar," tuturnya.

IKPS Riau akan turut membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan sektor pariwisata ini, utamanya KWBT Mandeh.

Pihaknya akan mengajak para perantau yang ada di Riau untuk berinvestasi dan mendukung pemerintah daerah dalam pengembangan sektor pariwisata.

"Upaya ini tentu memiliki dampak positif yang sangat luas bagi daerah dan sanak saudara semua yang ada di kampung halaman," ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan itu Kepala Bagian Humas Pemkab Pesisir Selatan, Sabrul Bayang dan Kepala Dinas Pariwisata Gunawan.