Ajang Peduli Wisata Award 2015 Padang Raih The Best Performance

dalam acara Peduli wisata award ini merupakan upaya pemprov Sumbar untuk melihat sejauhmana komitmen pemerintahan kabupaten/kota di Sumbar untuk memajukan pariwisata di daerahnya. Komitemen itu diwujudkan dalam bentuk peningkatan infrastrutur kepariwisataan dan kebijakan anggaran kepariwisataan serta pemberdayaan masyarakat dan memajukan ekonomi kreatifnya

Demikian disampaikan Pj Gubernur Sumbar yang diwakili Sekda Sumbar, Ali Asmar ketika Grand Final uda uni wisata Sumbar dan Malam penganugrahan Wisata Award 2015, Jumat, (6/11).

Sekda Sumbar Ali Asamar mengatakan penganugrahan peduli wisata award 2015, merupakan pengakuan provinsi kepada kab/kota yang telah sungguh-sungguh menunjukan hasil signifikan dalam pembangunan sektor kepariwsataan daerah.

Ali Asmar berharap ajang penilaian peduli wisata award ini menjadi motivasi bagi kab/kota untuk lebih serius memajukan kepariwisataan dalam upaya penanggulangan kemiskinan, membuka lapangan keja dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan disumatra barat.

Adapun kab/kota yang ditetapakan tiga kategori perwilayahan sesuai perda nomor 3 tahun 2015 yakni kawasan utama, kawasan strategis dan kawasan potensial. Hasil penilaian peduli wisata award ini yang dijadikan salahsatu indikator untuk menaikan status perwilayahan kab/kota dibidang ke pariwisataan.

Penganurahan peduli wisata award dengan kategori kawasan utama dengan penghargaan the best performence yang diraih oleh kota Padang juara satu, juara II kota Sawahlunto, dan juara 3 kota Bukittinggi.

Berdasarkan penilaian dewan juri terhadap kemajuan pariwisata di suatu daearah dengan tiga kategori dengan tiga penghargaan yang dinilai sejak 2012-2015, berikut kabupaten/kota yang meraih peduli wisata award antara lain

1. kawasan utama dengan penghargaan the best performence yang diikuti kota Padang juara satu, juara II kota Sawahlunto, dan juara 3 kota Bukittinggi.

2. Kategori kawasan strategis dengan penghargaan The Best achivement yang diraih juara 1 Kabupaten Agam, juara II pessel dan juara III kabupaten 50 kota.

3. Kategori kawasan potensial the most improve diberikan kepada juara I kota Pariaman, dan juara II Solok Selatan.

namun Kadis Parekraf Sumbar Drs. H. Burhasman,MM mengatakan ajang pariwisata award diselenggarakan untuk menilai sejauh perhatian dan komitmen kab/kota terhadap pengembangan dunia pariwisata di daerah. Kompetisi dibagi dalam tiga kluster antaralain kawasan utama dengan penghargaan the best performence, kawasan strategis dengan penghargaan The best achievment dan kawasan potensial the most improve.

"di samping malam grand final juga digelar penyerahan anugrah peduli wisata award dari Pemprov Sumbar," ungkapnya.

Penilaian terdiri dari beberapa indikator antara lain tata pamong, lingkungan pariwisata, ekonomi kreatif, industri pariwisata, pemasaran dan pemberdayaan masayrakat. Hasil penilaian dari tim penilai akan diumumkan akhir Bulan Oktober mendatang.

Aspek tata pamong katanya merupakan hal yang penting dalam penilaian tersebut, karena hal itu menyangkut dari struktur organisasi yang mengelola pariwisata, visi dan misi pariwisata kabupaten/kota, serta prioritas pembangunan pariwisata.

dalam Penilaian wisata dilakukan dengan tiga tahap antaralain kab/kota peserta peduli wisata awalnya mengisi kuesioner dan menunjukan bukti fisik, selanjutnya verfikasi data, dan adanya kunjungan lapangan kab/kota peduli wisata award Sumbar.

"Didalam aspek tata pamong juga menyangkut kebijakan pemerintah kabupaten/kota dalam menyusun rencana strategis pengembangan pariwisata,"ungkapnya

Dia menambahkan peduli pariwisata award 2015 juga bertujuan untuk melihat sejauhmana komitmen kab/kota tehadap pengembangan destinasi pariwisata dari segala aspek.

Tim Juri peduli wisata award antaralain Sofiani, Ferita dari unsur akademisi dan Sari lenggo Geni dan Petriawati dari Bapedalda Sumbar, unsur lembaga seni budaya dan praktisi pariwisata.