KOMISI V DPRD SUMBAR Optimis Sawahlunto mampu menjadi tuan rumah MTQ 36

kota wisata sawahlunto sebagai tuah rumah MTQ 36, ungkap Komisi V DPRD Sumatera Barat  yang akan digelar 7 sampai 14 November 2015 nanti. Keberhasilan Kota Sawahlunto menjadi tuan rumah dengan predikat panitia terbaik pada MTQ Provinsi ke-26 (yang telah diselenggarakan 20 tahun yang lalu), hendaknya dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada momen MTQ Provinsi ke.36 nanti.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Mokhlasin ketika berdialog dengan unsur panitia penyelenggara Kota Sawahlunto dalam kunjungan peninjauan persiapan MTQ Provinsi 36 ke Kota Sawahlunto, Rabu (4/11).

Kota Sawahlunto, sebut Mokhlasin, berpeluang besar dapat sukses menyelenggarakan MTQ Provinsi karena kota wisata tambang tersebut memiliki sejumlah pengalaman mengelola berbagai event. Pihak DPRD Sumbar optimis bekal tersebut dapat membuat MTQ Provinsi 36 akan dapat terselenggara dengan baik dan sukses.

“Kita optimis Sawahlunto mampu menjadi tuan rumah yang sukses. Namun, untuk itu kita perlu dukung bersama. Karenanya, kami dari komisi V DPRD Sumbar datang langsung untuk meninjau dan mengkoordinasikan persiapan MTQ ini,” ungkapnya.

Komisi V DPRD Sumbar juga mengingatkan panitia penyelenggara terhadap adanya kekhawatiran terhadap berbagai kecurangan dalam perlombaan. “Sebagai event religius akan sangat disayangkan sekali jika dalam MTQ ini ada usaha-usaha tidak fair dalam memenangkan perlombaan,” pintanya.

Karena itu, pihak komisi V DPRD Sumbar mewanti-wanti panitia untuk dapat mencegah adanya kecurangan-kecurangan baik dari peserta, offisial maupun panitia sendiri. Terkait hal tersebut, panitia pun dihimbau agar waspada dengan adanya kafilah yang beranggotakan peserta bayaran.

“Jangan setiap kali MTQ yang diandalkan itu ke itu saja peserta yang ditampilkan. Lakukan pergantian, beri kesempatan kepada yang lain yang berbakat. Untuk itu, pembinaan dan kaderisasi ini sangat penting kita dilakukan,” harapnya.

Dalam dialog tersebut, Komisi V DPRD Sumbar disambut oleh Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Wakil Walikota Sawahlunto Ismed, Kakanwil Kemenag Sawahlunto Ramza Husmen, Ketua Panitia MTQ Provinsi 36 Eko Budi Saputro serta panitia terkait lainnya. Kedua belah pihak saling memberikan masukan serta tanya jawab seputar persiapan dan suksesi kegiatan yang direncanakan akan diresmikan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin tersebut.