Bank Nagari Dan Pemerintah Agam Gelar Tour De Antokan Agam

Bank Nagari Cabang Lubuk Basung bekerja sama dengan pemerintah setempat dan Agam Kommunity Kereta Angin (ATYKA) menggelar Tour de Antokan Agam (TdAA). Sekurangnya ada 3.000 peserta yang mengikuti acara ini.

Event tahunan itu dilepas secara langsung oleh Bupati Agam Indra Catri yang didampingi sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Agam, di Sport Center Rang Agam Bukik Bunian Kecamatan Lubuk Basung, Minggu.

Yasrizal Idrus selaku Ketua Panitia TdAA, di Lubuk Basung, mengatakan, para peserta ini berasal dari Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pasaman Barat, Pasaman Timur, Kota Padang, Pariaman, Bukittinggi, Payakumbuh dan lainnya.

Peserta tidak hanya berasal dari provinsi Sumbar saja, ada beberapa klub sepeda yang ada di Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Utara dan lainnya yang juga turut memeriahkan event untuk memperkenalkan pariwisata di Agam.

"Panitia menyediakan hadiah utama berupa tiga unit sepeda motor jenis Honda Sonic, Honda Vario dan Honda Beat. Selain itu panitia juga menyediakan ratusan hadiah seperti sepeda, televisi, lemari es dan lainnya," terangnya.

Rute yang akan ditempuh peserta TdAA sekitar 32 kilometer dengan melewati aliran Sungai Antokan. Setiap rute, panitia menyediakan pos. Selain itu, para pedagang juga menyediakan kuliner asli Kabupaten Agam dengan harapan terjadi transaksi jual beli nantinya.

"Ini tujuan TdAA ini digelar selain memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2015 dan lima tahun kepemimpinan Bupati Agam," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri menyambut baik dilaksanakan TdAA. Ia mengharapkan para peserta dapat menjaga sportifitas dan kebersamaan dalam bersepeda.

Ia menambahkan, selain mendapatkan kesehatan, kegiatan ini juga memasyarakatkan olahraga bersepeda di Agam.

"Saya mendukung kegiatan ini, karena bermafaat bagi masyarakat baik peserta maupun pedagang makanan," pungkasnya