Pemko Padang Akan Memecahkan Rekor MURI Untuk Penampilan Talempong Terbanyak Pada KTT IORA

Pemko Padang, Sumatera Barat, akan memecahkan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) penampilan talempong terbanyak yang akan digelar di sela-sela acara Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) pada 20-23 Oktober 2015 mendatang.

Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) yang sekaligus ketua Panitia KTT IORA, Didi Riyadi mengatakan "Kita sudah menyiapkan sebanyak 1.200 talempong (alat kesenian tradisional) untuk memecahkan rekor MURI tersebut," terangnya 

Didi juga mengatakan, rencananya pemecahan rekor MURI tersebut akan dilangsungkan di Pantai Padang di sela penyelenggaraan KTT IORA.

Talempong merupakan sebuah alat musik pukul tradisional khas Minangkabau yang biasanya digunakan untuk mengiringi tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti tari piring dan tari pasambahan.

"Hal tersebut tentunya juga bertujuan untuk melestarikan serta memperkenalkan alat musik tradisional kita ke negara lain," jelasnya.

Selain itu pada penyelenggaraan KTT IORA juga akan dilakukan pelepasan anak penyu (tukik) oleh para Menteri Luar Negeri yang hadir dalam IORA tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad mengajak seluruh warga untuk ikut serta menyiapkan agenda ini secara matang, sehingga kepercayaan yang diberikan pemerintah pusat dapat dilaksanakan dengan baik.

"Mari kita berikan dukungan dan perhatian sungguh-sungguh kepada tamu-tamu yang datang," katanya.

Menurutnya, cukup banyak dampak besar yang bisa diperoleh etelah penyelenggaraan IORA ini, seperti peluang investasi dan wisatawan akan terus berdatangan ke Padang.

"Sehingga nantinya akan membuat Kota Padang menjadi kota metropolitan dan menjadi lebih baik," tambahnya.