Pemkab Pasaman Barat Bina Kelompok Sadar Wisata

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat membina kelompok sadar wisata untuk pengelolaan wisata yang lebih baik di daerah ini.

Armen selaku Pelaksana Harian Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, mengatakan "Kelompok ini sebagai bentuk perhatian serius dalam mengelola objek wisata yang ada. Kelompok itu dibentuk dari masyarakat yang ada di sekitar objek wisata," katanya

Pihaknya saat ini telah membentuk tiga pokdarwis. Direncanakan tujuh kelompok lagi segera dibentuk.

Menurutnya, pokdarwis dibentuk berasarkan aspirasi masyarakat setempat yang juga nantinya menjadi unit usaha bagi anggota kelompok dalam hal pengelolaan dan pengembangan objek wisata yang ada. Pembentukannya juga atas inisiatif anggota masyarakat setempat. Tujuannya untuk melestarikan, memelihara berbagai opjek yang ada di lokasi mereka.

"Kelompok itu juga memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi parawisataan yang datang berkunjung keobjek wisata tersebut,"jelasnya.

Ia menerangkan bahwa tiga Pokdarwis yang telah terbentuk tersebut adalah untuk objek wisata Pantai Sasak, objek wisata Gunung Pasaman dan Pantai Air Bangis- Pulau Panjang. Ketiganya kelompok itu telah dilakukan pembinaan. Sedangkan tujuh objek wisata lainnya yang belum diusahakan dalam waktu dekat akan terbentuk. Sehingga sadar wisata di Pasaman Barat semakin meningkat.

Pihaknya saat ini terus berupaya membenahi sejumlah objek wisata yang ada. Pemkab sudah membagi tiga kategori objek wisata yang ada di Pasaman Barat untuk dikembangkan yakni wisata unggulan, strategis dan pengembangan.