Mountain Bike Adventure 2015 Akan Meriahkan Perayaan Titik Kulminasi

Dalam rangka memeriahkan perayaan titik kulminasi yang berlangsung pada tanggal 23 September 2015 yang dipusatkan di Kecamatan Bonjol, Komunitas Sepeda Pasaman (KSP) menggelar Mountain Bike Adventure 2015 atau balap sepeda gunung. 

Ketua KSP Pasaman Syaiful Amri di Lubuk Sikaping, mengatakan pada Rabu "Lomba rencananya dilaksanakan Minggu (20/9), panitia pelaksana mengundang para biker dari Sumbar, Sumatera Utara, Riau dan Jambi dengan target peserta mencapai 1.000 orang," katanya 

Lomba balap sepeda gunung ini merupakan lomba yang dilakukan dalam memeriahkan perayaan titik kulminasi di Pasaman, tambahnya.

KSP Pasaman berkomitmen untuk mendukung perkembangan olahraga nasional, khususnya di cabang balap sepeda gunung, sebab itu kegiatan tersebut dilaksanakan.

"Diharapkan, melalui kejuaraan ini mampu melahirkan bibit pembalap baru yang berkualitas dan mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional," katanya.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar KSP dalam memeriahkan perayaan titik kulminasi, dan ini merupakan bentuk kotribusi terhadap olahraga sepeda gunung baik bagi pembalap maupun penghobi," jelasnya.

Terkait trek yang akan ditempuh para pembalap nantinya, Alfebri, menjelaskan, akan menempuh jarak sepanjang 26 kilometer, dengan tipe jalan yang beraspal, melewati perbukitan, sungai dan persawahan dengan mengambil start di Tugut Equator Bonjol dan finish juga di Equator Bonjol.

"Dari start di Tugu Equator Bonjol, diteruskan ke Roda Baru, lanjut ke jalan Sungai Hitam, lewati rajang, dilanjutkan ke kawasan gunung tak jadi, dan kembali finish di Equator Bonjol," jelasnya.

Dalam lomba tersebut nantinya, pemenang akan mendapat hadiah berupa dua unit sepeda gunung serta berbagai macam hadiah lainnya, tambahnya.

"Kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga dapat mengenalkan kawasan Pasaman kepada para pebalap sepeda gunung dari Sumatera Utara, Riau dan Jambi," tutupnya