Festival Kuliner (Sate, Soto, Marandang) Nusantara II di Museum Adityawarman Padang

Sekitar 40 stand terlihat ikut ambil bagian dalam memeriahkan Festival sate dan soto nusantara ke II yang digelar di halaman Museum Adityawarman Padang. Fetival tersebut berlangsung dari tanggal 5-6 September lalu. 

Dalam festival tersebut 104 kelurahan dan pelajar SLTA se Kota Padang juga ikut serta dalam lomba memasak randang yang masing-masing peserta memasak randang sebanyak 3 kilogram.

Acara dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Hesti Reko Hastuti. Setelah membuka acara, beliau mengatakan, kegiatan beskala nasional tersebut digagas oleh Kementrian Pariwisata RI dengan tujuan untuk memberikan contoh yang baik kepada pedagang. Tidak hanya itu, melalui kegiatan festival sate dan soto nusantara tersebut juga dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang.

"Dengan digelarnya festival tersebut selain menjadi contoh bagi pedagang kaki lima dan kuliner yang ada di Kota Padang tentang bagaimana menyajikan kuliner yang bersih dan sehat, juga mereka mengetahui cara mempromosikan dan berdagang dengan baik," ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (5/9/2015).

Menurut Hesti Reko Hastuti, ditunjuknya Kota Padang oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai tuan rumah Festival Kuliner Nusantara II tahun ini adalah supaya adanya inovasi yang menjajikan, sehingga kuliner menjadi pilihan untuk tujuan wisata sebagaiman yang telah dicanankan oleh Presiden RI Jokowidodo dapat terwujud.

Hesti mengatakan, Ranah Minang memiliki kuliner yang sangat beragam, bahkan kuliner khas Sumatera Barat sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

“Jadi orang tertarik datang baik wisatawan mancanegara maupun nusantara, kuliner itu merupakan salah satu 3 rangking tertinggi. Jadi mereka datang hanya kalau tidak untuk shopping dan kuliner. Kuliner masuk dalam budaya, nah itu menjadi pertimbangan kita, ini juga merupakan suatu komitmen dari Pemerintah kita dalam mempromosikan kuliner di samping bahari,” tuturnya.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyambut baik kegiatan yang digelar oleh Kementrian Pariwisata RI di Kota Padang. Menurutnya festival kuliner nusantara ke II ini dapat mengenjot sektor pariwisata dari kuliner khas nusantara yakni dengan memberiekan pembinaan kepada usaha mikor kecil dan menengah di Kota Padang., termasuk kalangan perbankan,” ujarnya