Perayaan Titik Kulminasi 23 September Mendatang di Kabupaten Pasaman

Kawasan bonjol, Kabupaten Pasaman merupakan kawasan yang sangat istimewa karena dibentangi oleh garis khatulistiwa. Di wilayah Indonesia selain di Papua, Maluku Utara, Sulawesi Tengah dan Pontianak, Bonjol termasuk salah satu yang dibentangi garis khatulistiwa.Biasanya setiap 2 kali dalam setahun diadakan perayaan titik kulminasi dikawasan ini. 

Dengan adanya perayaan titik kulminasi dengan artian Matahari, Bumi dan Bulan berada dalam satu garis lurus, ditambah lagi adanya atraksi seni budaya dan acara pendukung lain nya membuat tingkat kunjungan wisatawan ke daerah Kabupaten Pasaman meningkat. Hal ini memberi dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakt.Diketahui, bahwa titik kulminasi matahari merupakan fenomena alam, yang mana tepat pukul 12.15 wib matahari tepat berada di atas kepala, namun tidak ada bayangan apapun dibawah nya. Sedikitnya ada 13 negara di dunia yang dibentangi garis khatulistiwa

Perayaan ini sudah menjadi agenda tahunan Kabupaten Pasaman dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Semoga tahun ini tetap ramai dikunjungi wisatawan.

Peringatan kulminasi matahari hanya terjadi sebanyak dua kali dalam setahun, yakni pada Maret dan September yang bisa disaksikan langsung di Pasaman. Untuk tahun ini akan dilaksanakan pada 23 September mendatang..

Fenomena titik kulminasi matahari di Indonesia hanya bisa disaksikan secara langsung di Kabupaten Pasaman Sumatera Barat dan di Pontianak Kalimantan Barat, serta di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau yang dilintasi garis Khatulistiwa.