Hari Ini, Empat Tim Dayung Luar Negeri Dijadwalkan Tiba di Ranah Minang

Jika tidak ada aral melintang, empat tim dayung luar negeri yakni Malaysia, Singgapura, Kamboja dan Filipina dijadwalkan tiba di Ranah Minang untuk mengikuti International Dragon Boat Festival (IDBF) ke-XIII 2015, di Banjir Kanal Kompleks Gor H Agus Salim, Padang, pada 20-23 Agustus mendatang. Masing-masing kontingen tersebut nantinya akan diinapkan di salah satu hotel yang ada di Padang. Kategori antar bangsa ini dijadwalkan akan memulai pertandingannya pada Jumat (21/8) mendatang.

“Untuk tim luar negeri ini, pada umumnya akan tiba besok (hari ini, red). Dan akan disambut di BIM nantinya,” ujar Kadispora Padang, Suardi kepada wartawan, kemarin.

Sedangkan untuk tim dalam negeri seperti dua tim utusan DKI Jakarta, PODSI Papua Barat, Pelalawan Riau, Medan, juga telah menginjakan kakinya di Padang sejak kemarin. Mereka pada umumnya diinapkan di Asrama Haji Tabing. Sebagian dari mereka juga sudah mulai menjalani latihan, pada hari kemarin, untuk mempersiapkan pertandingan yang rencananya akan dilaksanakan hari ini.

Sementara untuk grand opening iven berskala dunia itu, akan dilakukan Jumat malam (21/8). Tidak hanya akan dihiasi dengan berbagai hiasan lampu dan berbagai kesenian, namun juga akan dilakukan pelepasan sebanyak 356 lampion pada kesempatan itu.

Acara ini sekaligus juga menandakan usia Kota Bingkuang yang sudah semakin tua pada iven yang rencananya akan diikuti sebanyak 35 tim dengan total hadiah sebesar Rp 205 juta. 

Ketua Pelaksana, Maidison menjelaskan, persiapan iven ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk memeriahkan iven yang akan dibentang hingga 23 Agustus mendatang ini, Pemko Padang menganggarkan sebesar Rp 975 juta. “Itu dianggarkan di APBD 2015 Kota Padang,” jelasnya.

Nomor yang akan dipertandingkan pada iven yang dijadwalkan akan dibuka Deputi Menteri ini, sama seperti dengan tahun-tahun sebelumnya yakni 22 dan 12 pedayung putra, 22 dan 12 pedayung putri, 22 dan 12 pedayung campuran serta nomor antar kesatuan. Masing-masing nomor akan menempuh jarak sepanjang 800 meter