Pawai Alegoris HUT ke-70 Kemerdekaan RI Dari Kantor Gubernur Sumbar-Lapangan Imam Bonjol Berlangsun

Pawai alegoris HUT ke-70 Kemerdekaan RI yang dimulai dari depan Kantor Gubernur Sumbar dan berakhir di Lapangan Imam Bonjol Padang, pada Selasa (18/8) berlangsung meriah.

Mulai dari Pakaian adat beberapa daerah di Indonesia hingga program dan keberhasilan pembangunan juga dipamerkan ke publik. Antusias masyarakat menyaksikan pawai sejak pukul 14.00 sudah terlihat. Di kiri dan kanan Jalan Sudirman sudah dipenuhi masyarakat.

Pawai kali ini dinilai lebih menarik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Lebih bagus ya lebih meriah dari tahun lalu. Tahun lalu tak ada pertunjukan 33 provinsi,” seru Eru Deswita, staf Biro Organisasi Pemprov Sumbar saat melihat barisan yang tampak berwarna-warni. 

Tidak hanya sekedar menyaksikan, Momen pawai juga dimanfaatkan masyarakat foto bersama model yang sedang memakai busana adat kreasi. 

“Keren kak dari tahun lalu,” ungkap Dindawati, siswa SMP Yos Sudarso yang menyaksikan pawai di depan  sekolahnya. 

Di barisan paling depan pawai, paskibra Padang 2015 berjumlah 16 orang berbaris mengenakan pakaian putih. Diikuti peserta dari Lanud Tabing Padang. 
Zamref yang memimpin pasukan Paskibra Padang berjalan menghadap Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek yang membuka pawai tersebut. 

Kekaguman penonton terlihat saat atraksi yang dibawakan anggota TNI. Penonton di kanan-kiri jalan mendekat dan jalanan pun semakin sempit. Tak kalah menarik dengan penampilan dari Rumah Sakit Jiwa HB Saanin. Hampir semua peserta pawai yang berperan sebagai pasien sakit jiwa meminta foto dengan Penjabat Gubernur. Penampilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga tak kalah mengagumkan.

Sementara itu, beberapa atlet dari berbagai cabang olahraga tiba-tiba datang dari belakang spanduk. Beberapa ada yang berpakaian taekwondo, ada juga yang berpakaian karate, silat, tarung drajat, boxing dan lainnya menunjukkan keahlian beladirinya.

Kemudian, penampilan marching band dari beberapa SMA di Kota Padang pun turut memeriahkan pawai. Tak hanya menampilkan kehebatan, beberapa dinas seperti dinas sosial, BKKBN, dinas kelautan dan perikanan serta dinas lainnya juga menyertakan sosialisasi program serta capaian instansinya. 

Ketua Pelaksana Pawai Alegoris Sudirman Gani menyebutkan, tiga tahun lalu dia diminta menghidupkan pawai kembali oleh mantan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Menurutnya, banyak tujuan mulia pawai kemerdekaan ini. Yakni mengembalikan rasa nasionalisme dan menampilkan informasi hasil pembangunan serta informasi lainnya seperti e-KTP. Berkaca dari jumlah peserta yang meningkat dari 35 menjadi 60 tim, Ia optimistis pengunjung kian ramai menyaksikan pawai.