Promosikan Pariwisata, Komunitas Fotografer Solsel Upacara Bendera di Objek Wisata Tangsi Ampek

Banyak cara untuk merayakan hari kemerdekaan, salah satunya seperti komunitas fotografer di Solok Selatan, Sumatera Barat, melaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di objek wisata Tangsi Ampek. Upacara tersebut diikuti oleh sekitar 40 orang yang tergabung dalam Komunitas Fotografer Solok Selatan, mahasiswa Institut Teknologi Padang (ITP) dan pemuda setempat. Upacara dilaksanakan sekitar pukul 09.30 WIB.

Ketua Komunitas Fotografer Solok Selatan, Febri Irwandi, menyebutkan selain bentuk pengungkapan rasa nasionalisme, pelaksanaan upacara bendera di Tangsi Ampek tersebut untuk mempromosikan potensi wisata di daerah itu.

"Kami sengaja mengambil lokasi upacara bendera di objek wisata Tangsi Ampek untuk mempromosikan pariwisawata Solok Selatan," katanya.

Ia menyebutkan, daerah pemekaran Kabupaten Solok itu memiliki banyak potensi objek wisata mulai dari sejarah, budaya, hingga alam. Namun, dari sekian banyak potensi tersebut belum ada yang menjadi destinasi unggulan.

"Kami menilai pemkab belum fokus untuk mengembangkan dan menata potensi wisata di daerah ini," katanya.

Melalui momen perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70 ini, pihaknya mendesak pemerintah setempat agar lebih fokus dalam menata dan mengembangkan objek wisata di daerah itu sehingga bisa menjadi destinasi unggulan. Ia mencontohkan, bahwa untuk menuju ke lokasi objek wisata Tangsi Ampek masih sulit jalan masih berupa koral.

"Jalan menuju objek wisata Tangsi Ampek masih sulit karena dalam bentuk koral. Selain itu, untuk mencapai lokasi dari area parkir harus berjalan kaki sekitar 200 meter," katanya.

Tidak hanya itu, pemkab juga perlu menggandeng dan melibatkan masyarakat dalam mengembangkan dan menata objek wisata yang ada di daerah itu. "Seperti contoh komunitas fotografer dalam segi promosi," katanya.

Komunitas ini tidak hanya menggelar upacara bendera di objek wisata Tangsi Ampek, imbuhnya, mereka juga membagikan bendera merah putih secara gratis kepada masyarakat umum. Bendera merah putih tersebut dibagi-bagikan di objek wisata Tangsi Ampek, lalu simpang tiga PT Mitra Kerinci, Kecamatan Sangir serta di kawasan Saribu Rumah Gadang di Kecamatan Sungai Pagu