A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Pemkab Pessel Optimis Capai Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dari Sektor Pariwisata

Pemkab Pesisir Selatan optimistis mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata sebesar Rp2 miliar pada 2015.

Gunawan,  Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan mengatakan  "Kita optimistis target PAD Rp2 miliar dari sektor pariwisata tahun ini dapat tercapai, sebab jumlah kunjungan ke berbagai objek wisata yang ada cukup banyak," kata Gunawan

Menurut GUnawan, pada periode Januari hingga akhir Juli 2015, realisasi PAD pariwisata sudah mencapai Rp1,6 miliar.

"Kita berharap dengan sisa waktu yang tinggal empat bulan ke depan diharapkan dapat memenuhi target ini, " katanya.

Target PAD pariwisata Pesisir Selatan pada 2015 naik dari sebelumnya 2014 sebesar R1,2 miliar. Dari target senilai Rp1,2 miliar pada 2014, tercapai Rp1,6 miliar. Dalam mencapai target tersebut, Gunawan mengatakan, pemkab masih mengandalkan pendapatan dari objek wisata Pantai Carocok Painan.

Pemkab terus mengoptimalkan pelayanan bagi pengunjung yang datang ke berbagai objek wisata di daerah itu. Selain Pantai Carocok, objek wisata lain sebagai sumber pendapatan yakni Bukit Langkisau, Kecamatan IV Jurai, Jembatan Akar, Bayang Sani IV (Nagari Bayang Utara), Pantai Batu Kalang (Kecamatan Koto XI Tarusan) dan Nyiur Melambai (Sutera).

PTidak hanya itu, upaya lain juga dilakukan dalam mencapai realisasi target PAD di sektor tersebut seperti meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana objek wisata yang ada sehingga jumlah kunjungan terus meningkat. Perbaikan sarana dan prasarana pariwisata dilakukan agar pengunjung merasa puas dan nyaman berada di objek wisata yang dituju.

Gunawan menjelaskan, sejak beberapa tahun terakhir Objek Wisata Pantai Carocok tetap menjadi terdepan dalam mencapai target untuk sektor tersebut. Objek wisata yang terletak di pusat kabupaten atau sekitar 75 kilometer dari Kota Padang itu rata-rata dikunjungi sebanyak 5-6 ribu orang per hari. 

Sementara pada hari-hari libur dan akhir pekan pengunjung bisa mencapai belasan ribu orang per hari. Khusus pada hari raya Idul Fitri 2015, rata-rata pengunjung ke Pantai Carocok yang berdekatan dengan objek wisata Bukit Langkisau itu mencapai 35 ribu sampai 40 ribu orang per hari.

Legislator Pesisir Selatan Welly Hendra mengatakan, selain lengkapnya sarana dan prasarana, ramainya kunjungan ke berbagai objek wisata di daerah itu tidak terlepas dari baiknya pelayanan.