Rumah Budaya Peringati Ultah ke-80 Taufik Ismail

Ulang Tahun Taufik Ismail yang ke 80 diperingati di Rumah Budaya Fadli Zon. Acara ini sekaligus dalam rangka menjalin silaturahmi antar sesama.

"Ini merupakan wujud syukur kepada tuhan Yang Maha Esa," kata sastrawan Indonesia Taufik Islmail di Rumah Budaya Fadli Zon Jalan Lintas Sumatera Padang Panjang - Bukittinggi tepatnya di Nagari Aia Angek.

Perayaan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan seluruh kepala daerah se-Sumbar serta undangan lainnya. Tidak hanya itu, peringatan 80 tahun Taufik Ismail juga ditandai dengan peresmian patung sastrawan ternama itu dan dilanjutkan dengan musikalisasi puisi serta acara hiburan lainnya.

TaUfik yang dikenal sebagai bapak sastra Indonesia itu bercerita suka dan duka semasa hidupnya dari kecil hingga menginjak angka 80.

"Banyak hal yang sudah saya alami semasa hidup sampai dengan tinggal di lereng gunung Singgalang pada masa penjajahan," tuturnya.

Taufik yang sudah menekuni dunia sastra sejak 55 tahun yang lalu itu, memiliki motivasi menulis dan membaca dari kedua orang tuanya yang juga seorang penulis.

"Ayah saya juga pernah menjadi pimpinan di salah satu surat kabar di pulau Jawa dan ibu saya juga seorang penulis, maka dari sanalah motivasi itu timbul untuk menekuni dunia sastra hingg saat ini," katanya.

Sementara itu Fadli Zon mengucapkan selamat ulang tahun kepada Tafik Ismail, semoga menjadi berkah di usia yang sudah senja itu.

"Ini merupakan rahmat dari yang maha kuasa, sehingga kami bisa menggelar acara syukuran sekaligus memperingati hari ulang tahun Taufik Ismail," ujarnya.

Ucapan selamat juga datang dari tamu undangan lainnya, termasuk seluruh kepala daerah di Sumbar. "Semoga Allah berkahi di umur yang sudah angka 80 ini," kata Irwan Prayitno.