Sebelum TdS, Festival Kuliner Ranah Minang Bakal Digelar September Mendatang

Sebelum pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) yang bakal digelar Oktober mendatang, Kementerian Pariwisata akan menggelar festival kuliner di Ranah Minang, tepatnya di Jalan Diponegoro, Kota Padang pada 4-5 September mendatang.

Raseno Arya selaku Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata yang didampingi oleh Suheriyah selaku Kasi Spa dan Kuliner,  mengatakan festival ini akan menonjolkan masakan khas daerah seperti soto, sate dan rendang. Khusus Rendang Padang merupakan kerjasama dengan Pemko Padang. Sedangkan sate dan soto tidak hanya menampilkan soto dan sate Padang, tetapi juga soto dan sate nusantara yang diolah dan dijual di Sumbar.

“Sate, soto dan Rendang Padang adalah makanan yang sudah masuk di dalam 30 ikon kuliner Tradisional Indonesia (IKTI). Pemilihan 30 ikon IKTI tersebut merupakan langkah awal untuk mengembangkan dan memfokus pengembangan kuliner lainnya di Indonesia,” kata Raseno Arya.

Menurutnya, ditunjuknya Kota Padang karena kota tersebut dianggap sebagai salah satu kota yang memiliki kuliner yang sangat beragam dan cocok dengan lidah Indonesia.