Lewat Tari “Bacamin Rupo”, Pesisir Selatan Berhasil Juarai Cabang Tari Kreasi FLS2N dan Mewakili Su

Lewat tari “Bacamin Rupo”, kabupaten Pesisir Selatan berhasil menjuarai cabang tari kreasi FLS2N dan berhak mewakili provinsi Sumatera Barat ke tingkat nasional. Grup tari asal Pesisir Selatan yang berasal dari SMPN 1 Painan tersebut berhasil mengungguli grup tari dari 17 kabupaten dan kota lainnya. Jerit histeris kemenangan pun menggema dari arah tempat duduk kontingen Kabupaten Pesisir Selatan tersebut setelah dewan juri mengumumkan pemenang lomba tari kreasi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2015 tingkat Sumatera Barat, Minggu (2/8)

Atas keberhasilan tersebut, Kabupaten Pesisir Selatan akan mewakili Sumbar untuk cabang tari kreasi pada ajang FLS2N tingkat nasional di Palembang, Sumatera Selatan, akhir Agustus ini. Juara II untuk lomba ini dimenangkan Bukittinggi sedangkan Juara III diraih Padang Panjang.

Hj. Danti, selaku pembina sempat tak percaya anak asuhnya menjadi pemuncak dan melaju ke tingkat nasional. Prestasi menjadi juara di tingkat provinsi Sumbar tersebut merupakan buah manis dari latihan berat anak-anak asuhan Hj. Ellya. Ridanti dengan pelatih Bayu Dwi Aditya.
 
“Persaingan ketat karena semua kabupaten dan kota tampil dengan baik. Meski sempat tidak yakin akan menjadi juara namun kami terus membangkitkan semangat anak-anak,” katanya terharu.

Bayu selaku instruktur juga tak kalah sibuknya memompa semangat Desvy Sagita Ramadhyanti, Indah Yovi Permata Putri, Della Syafira Resta, Lendra Andari Pratama Putri dan Alfira Bellinda untuk tetap percaya diri. Tak hanya itu, support dari orangtua masing-masing juga menjadi pembangkit semangat Desvy dan kawan-kawan yang sempat kendor begitu melihat penampilan kontingen daerah lain.

“Sempat “nervous” juga melihat penampilan dari daerah lain, namun kami percaya bisa tampil dengan baik karena kami percaya pada kekompakan dan support dari guru, pelatih dan orangtua kami yang hadir menyaksikan penampilan kami,” kata Desvy diamini teman-temannya.

“Bacamin Rupo” merupakan tari kreasi yang merujuk kepada tema lomba tari kreasi FLS2N tahun ini yaitu topeng. Hj. Danti dibantu Bayu telah menempa Desvy, Indah, Dela, Andari dan Fira di Sanggar Nan Gombang miliknya untuk memadukan gerak sesuai dengan tema tersebut.

Bupati Pesisir Selatan H. Nasrul Abit mengungkapkan apresiasi atas keberhasilan grup tari SMPN 1 Painan mengharumkan nama Pesisir Selatan di tingkat provinsi tersebut. Keberhasilan itu merupakan sebuah prestasi yang akan menjadi kebanggaan bagi Pesisir Selatan.

Ia juga meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Sumatera Barat agar “Bacamin Rupo” berhasil menorehkan prestasi untuk Sumatera Barat di pentas nasional.  FLS2N 2015 tingkat nasional akan berlangsung dari 23 sampai 29 Agustus 2015 mendatang