Jam Gadang Off Road Wisata Adventure & Compettion 2015 Bakal Digelar 31 Juli -2 Agustus Mendatang

Jam Gadang Off Road Wisata Adventure & Compettion 2015 bakal digelar 31 Juli hingga 2 Agustus mendatang di Perbukitan Rimba Balingka, Agam, dan Ngarai Sianok, Bukittinggi. Sebanyak 32 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia memastikan mengikuti Kejuaraan tersebut. 

H Anas selaku Ketua Pelaksana,  mengatakan, iven itu memperebutkan total hadiah senilai Rp 140 juta ditambah tropi bergilir Jam Gadang Off Road.

“Mengingat tingginya animo peserta, kita membatasi hanya 60 peserta. Saat ini sudah mendaftar 32 peserta pada umumnya berasal dari Sumatera,” ujarnya kepada wartawan, kemarin. 

Slot peserta tersebut dibagi pada dua kategori, yakni adventure dan kompetisi. H. Anas juga menambahkan bahwa Untuk menghormati tamu,  tuan rumah yang tergabung dalam Jam Gadang Off Road yang sudah empat kali keluar sebagai juara nasional, tidak ikut serta.

“Tuan rumah akan berkonsentrasi sebagai tim penyelamat jika sewaktu-waktu tim tamu mendapat halangan di lapangan,” katanya. Secara teknis dan kesiapan lapangan, diakuinya, sudah siap. Untuk kategori kompetisi, lokasinya khusus di kawasan Ngarai Sianok.

“Selain penuh tantangan, pilihan lokasi ngarai itu juga karena alamnya sangat indah, sehingga diharapkan mampu mendatangkan pesona tersendiri bagi peserta dan keluarga,” jelas Anas.

Gelaran Jam Gadang Adventure Off Road ini bekerja sama dengan Pemko Bukittinggi, Kodim 0304/Agam, IOF, Pengda Sumbar dan IOF Pengcab Bukittinggi. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan sportivitas dalam olahraga Off Road dan silaturahmi sesama off roader. Ajang ini juga ditujukan untuk menyukseskan Bukittinggi Wisata 2015, sehingga lebih dikenal baik skala nasional maupun internasional. 

Pembukaan rangkaian Jam Gadang Adventure Off Road, tambah Anas, dilakukan Jumat (1/8) di Lapangan Wirabraja. Seusia pembukaan, dilanjutkan pawai melalui beberapa ruas jalan dalam kota dengan start dan finish di Lapangan Wirabraja. Sementara kegiatan adventure dimulai dari lapangan Wirabraja melalui rute Nagari Balingka.