Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Pessel Melebihi Target, Carocok Mendapat Kunjungan Terbanyak

Objek wisata Sumbar memang menjadi salah satu pilihan wisatawan, terutama objek wisata yang ada di Pesisir Selatan Sumbar. Hal ini terbukti dari jumlah kunjungan ke berbagai objek wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, melebihi target pada hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

Gunawan selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, mengatakan bahwa rata-rata jumlah kunjungan ke objek wisata di kabupaten itu dalam delapan hari suasana lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah sebanyak 20 ribu orang per hari.

“Jumlah kunjungan wisata ke Pesisir Selatan selama delapan hari sejak awal Idul Fitri 1436 Hijriyah sekitar 160 ribu orang. Angka itu jauh lebih banyak dari target kunjungan pada lebaran Idul Fitri tahun ini yakni sebanyak 125 ribu orang,” jelas Gunawan

Objek wisata Pantai Carocok Painan menempati jumlah pengunjung terbanyak diantara objek wisata lainnya yakni sebanyak 95 ribu orang, dan disusul Pantai Batu Kalang di Kecamatan Koto XI Tarusan kabupaten setempat sekitar 35 ribu orang.

Sementara itu, pengunjung terbanyak berasal dari luar Sumbar di Pulau Sumatera. Sekitar 65 persen diantaranya dari Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan. Sebanyak 30 persen lagi dari dalam Sumbar yakni Payakumbuh, Bukittinggi, Solok dan daerah lainnya dalam provinsi itu dan sisanya dari luar Sumatera.

“Pengunjung terbanyak berasal dari wisatawan nusantara, meski juga ada pengunjung luar negeri atau mancanegara, namun jumlahnya sangat sedikit yakni hanya sekitar 0,6 persen, selebihnya wisatawan nusantara, ” tutup Gunawan