Sumbar Talenta Tampilkan Kesenian Sumbar di Singapura, Ratusan Warga Asing Takjub

Share :

Panggung publik Bussorah Street Kampung Glam, Singapura dipadati para pengunjungg. Ratusan warga asing dari berbagai negara takjub menyaksikan penampilan kesenian Sumbar Talenta yang digelar pada Jumat (24/7) dan Sabtu (25/7) malam. 

“Luar biasa. Ini penampilan terbaik yang kami saksikan setelah tiga tahun terakhir,” ujar Rahman dari Malay Heritage Centre. 

Sumbar Talenta tampil di Singapura atas undangan Singapore Minang Association dan Malay Heritage Center didukung Pemerintah Singapura. Untuk menghibur penonton, Sumbar Talenta menampilkan Minang Show & Dance, yaitu Tari Sambah Randai, Tari Indang, Tari Rantak, Tari Piring, dan beberapa lagu Minang kontemporer, yaitu Siti Nurbaya, Si Nona, Rang Sikumbang, Yo Waik, Tanah Air, Pulang Marantau, Jingle Talenta, Ka Sia Dikaduan, Risolai, Ubekan Denai, Tinggalah Kampuang, Sibunian Si Bukik Sambuang, Dangalah Ratok, Kelok Sembilan, Ayam den Lapeh, fashion show dan pembacaan puisi. 

“Penampilan Sumbar Talenta membuat saya terharu. Mereka menunjukkan penampilan terbaik dan itu sangat memuaskan saya,” ujar Sastri Bakry, pembina Sumbar Talenta didampingi sejumlah pengurus Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumatera Barat usai acara. 

Sependapat dengan Sastri Bakry, anggota DPD RI, Emma Yohanna yang juga datang menyaksikan penampilan Sumbar Talenta menyatakan kegembiraannya. 

“Mereka aset Sumatera Barat dan telah mengharumkan nama Ranah Minang di Singapura,” ujar Emma Yohanna. Ia berharap, Pemerintah Sumatera Barat dapat memberikan perhatian khusus terhadap potensi anak-anak Sumbar Talenta binaan HWK. Sebab dalam pengamatannya, di mana pun Sumbar Talenta tampil, khususnya di luar negeri, selalu mendapat apersiasi dan sambutan positif.
 
Beberapa saar sebelum acara dimulai, Duta Besar RI untuk Singapura, Andri Hadi menyambut tim Sumbar Talenta di kediamannya, Sabtu (25/7) pagi. Ia sangat senang Sumbar Talenta dapat mengikuti event kesenian di Singapura dan membawa nama Indonesia, khususnya Sumatera Barat. 

“Saya memberikan apresiasi atas penampilan Sumbar Talenta di panggung publik Singapura. Ini sangat positif mempromosikan Indonesia lewat kesenian dan kebudayaan,” ucap Andri.

Pada kesempatan tersebut Pembina Sumbar Talenta, Sastri Bakry menyerahkan cenderamata sejumlah buku karyanya dan titipan cenderamata dari Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. Kenang-kenangan tersebut diserahkan anggota DPD RI, Emma Yohanna. Gayung bersambut, Dubes juga memberikan kenang-kenangan kepada Sumbar Talenta. Sementara itu Ketua Panitia, Iriyanto mengatakan persembahan Sumbar Talenta di Singapura merupakan satu bagian dari event “Marantau” yang diselenggarakan sejak 17 Mei hingga 13 September 2015 mendatang.

Ia juga menambahkan, selain performance Sumbar Talenta, pihak penyelenggara juga mengadakan Seminar bertajuk “The Minangkabau Legacy to The Malay World” dengan pembicara Tan Sri Dato’ Dr. Rais Yatim dari Malaysia. 

Pemenang Sumbar Talenta 10, David, asal Tanah Datar mengungkapkan kebahagiaannya dapat tampil di panggung publik Singapura. 

“Ini pengalaman pertama saya di Singapura, dan saya sangat senang,” ujar David yang merupakan mahasiswa pascasarjana ISI Padangpanjang didampingi tim SumbarTalenta lainnya. 

Sumbar Talenta telah menunjukkan penampilan terbaik di banyak negara. Sebelum tampil di Singapura, Sumbar Talenta tampil di Algeria. Undangan dari negara lain pun mulai berdatangan dan menurut rencana akhir tahun 2015 Sumbar Talenta tampil di Doha, Qatar.