Pantai Carocok Painan Dipadati Ribuan Pengunjung

Objek wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dipenuhi para pengunjung pada Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah. Gunawan selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga Seni dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan mengatakan rata-rata pengunjung ke objek wisata tersebut sebanyak 35 ribu orang per hari sejak empat hari terakhir.

Sampai saat ini pengunjung ke objek wisata andalan Pesisir Selatan itu masih padat. Namun puncak kunjungan terjadi pada hari Minggu (19/7). Sedangkan pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah (Jumat, 17/7), pengunjung objek wisata andalan Pesisir Selatan itu hanya sekitar 50 persen dibanding hari ke tiga yang mencapai 30 ribu orang.

"Hari pertama lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah, pengunjung objek wisata itu sudah mulai ramai, namun jumlahnya hanya sekitar 16 ribu orang karena pada hari itu masyarakat masih melakukan aktivitas saling berkunjung ke rumah-rumah saudara dan keluarga lainnya untuk bersilaturrahmi, " katanya.

Masyarakat sangat Antusias untuk berkunjung ke objek wisata itu, terlihat dari semakin ramainya kunjungan pada hari ke dua hingga ke empat lebaran 1436 Hijriyah. Pada hari-hari tersebut antrean panjang kendaraan tidak lagi terbendung di areal parkir kawasan pantai yang luasnya mencapai empat hektare itu sehingga melimpah ke ruas jalan yang ada disekitar kawasan.

Untuk mengantisipasi padatnya pengunjung pada hari-hari tersebut, maka seluruh petugas yang bertugas di lokasi Pantai Carocok Painan mengarahkan pengaturan arus kendaraan untuk buka tutup ke kawasan sekitar objek wisata itu. Tidak hanya itu, beberapa ruas jalan yang berjarak radius satu kilometer di sekitar Kota Painan (Pusat kabupaten) dimanfaatkan sebagai areal parkir kendaraan bagi pengunjung.

Harmaini selaku Kepala Bidang Pariwisata kabupaten setempat mengatakan, jumlah pengunjung Pantai Carocok Painan sejak lima hari terakhir mencapai 145 ribu orang.

Dalam rangka memaksimalkan pelayanan, Pemkab setempat sudah menyiapkan lokasi parkir kendaraan bagi pengunjung sejak jauh hari sebelumnya, dengan melakukan perluasan areal parkir di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan. Pada areal parkir yang ada di lokasi Pantai Carocok Painan yang luasnya mencapai sekitar lima hektare tersebut terlihat mobil pribadi dan bus angkutan umum berjejer cukup ramai.

Akibat ramainya pengunjung, maka mulai lebaran ke dua (Sabtu) pemkab dan petugas kepolisian setempat berupaya mengantisipasi kemacetan kendaraan dengan menutup ruas jalan ke lokasi objek wisata tersebut khususnya untuk seluruh mobil.


Pantai Carocok merupakan salah satu ikon wisata kota Painan, yang sangat terkenal di Sumatera Barat setiap hari libur wisatawan berbondong-bondong datang ke Pantai Cerocok. di Pantai Carocok tersedia jembatan atau dermaga yang panjang membentang di pantai. Jembatan ini juga menghubungkan daratan dengan Pulau batu kereta dan dermaga untuk naik perahu ke pulau Cingkuak.


Nama Objek Wisata
Pantai Carocok & Pulau Cingkuak


Jenis Objek Wisata
Wisata Bahari


lokasi
Terletak di Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jarak dan waktu yang ditempuh dari Ibukota / Kabupaten sekitar 1,5 km dari pusat kota Painan, dan dari kota Padang sekitar 75 Km menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4.


Pengelola
Pemda


Aktivitas
Berenang, Mancing, Naik jetski dan Banana


Fasilitas Objek Wisata
Hotel, Wisma/Homestay, Lahan Parkir Yang Luas, Rumah Makan, Play Ground, Mushallah, toilet, Pusat Perbelanjaan, ATM, Lokasi Perkemahan, Travel Agent, Pusat Informasi Dan Medis, Panggung Kesenian, Gazebo, Kapal Wisata Dan Atraksi Wisata Laut (Jetski, Banana), Benteng Portugis


Tips dan Saran