Penerbangan Padang-Singapura Kembali Dibuka Pada September Mendatang

Pemprov Sumatera Barat mengusahakan kerja sama dengan pihak maskapai Air Asia untuk menambah rute penerbangan langsung Singapura-Bandar Udara Internasional Minangkabau di Padang. Hal tersebut demi terwujudnya target peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumbar.

Irwan Prayitno mengatakan "Kita ingin wisatawan yang berlibur di Singapura juga memiliki akses untuk terbang langsung ke daerah ini," kata Irwan selaku Gubernur Sumatera Barat.

Menurut Irwan, "direct flight" dari Singapura ke Padang merupakan salah satu faktor penting untuk bisa meningkatkan jumlah wisatawan ke Sumbar.

"Sebelumnya, wisatawan dari Singapura jika ingin ke Sumbar harus ke Batam dulu, atau ke Malaysia, kemudian baru bisa terbang ke Padang. Karena terlalu ruwet, wisatawan jadi enggan," jelasnya.

Sebelumnya sudah pernah ada penerbangan langsung Singapura-Padang melalui maskapai Mandala. Namun karena jadwal penerbangannya tidak tepat, maka tidak terlalu memberikan efek pada peningkatan kunjungan wisatawan dari Singapura ke Sumbar. Ditambah lagi, saat ini maskapai tersebut sudah tidak beroperasi lagi.

"Persoalan jadwal penerbangan ini kita jadikan pelajaran saat membicarakan rencana direct flight Singapura-Padang dengan maskapai Air Asia," ungkapnya.

Menurutnya pihak Air Asia mengupayakan jadwal perbangan yang "lebih bersahabat" bagi wisatawan. Penerbangan Padang-Singapura dijadwalkan pada 10 September mendatang, penerbangan perdana akan dilakukan Air Asia. Jadwalnya Padang-Singapura pukul 14.00 WIB, dan Singapura-Padang pukul 16.00 WIB.