Sumbar Gelar Mandeh Joy Sailing 2015 Untuk Promosikan Wisata Bahari

Sebanyak 39 kapal akan membawa sekitar 500 orang berlayar dari Teluk Bayur, Kota Padang, menuju Dermaga Carocok Mandeh, di Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Sementara tiga KRI dipastikan akan mengawal pelayaran tersebut.

Ke 500 orang tersebut diperkirakan menjadi peserta iven Mandeh Joy Sailing 2015 yang dihelat pada Sabtu, 16 Mei 2015.

Mandeh Joy Sailing 2015 merupakan iven kedua melayari Kawasan Mandeh setelah sebelumnya diadakan pada Oktober 2014. Acara ini digagas oleh Andrinof A. Chaniago yang sekarang menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas ini bertujuan untuk mempromosikan Kawasan Mandeh yang disebut sebagai 'Raja Ampat di Pantai Barat Sumatra.

Yogi Yolanda selaku Ketua Pelaksana Acara Untuk Mandeh Joy Sailing 2015 ini mengatakan pada Kamis (13/05/2015), mengatakan Presiden Jokowi sangat mengapresiasi dan mengikuti terus perkembangan Kawasan Mandeh sejauh ini.

Namun Presiden Jokowi berhalangan hadir karena mulai konsentrasi untuk persiapan perkawinan anaknya bulan Juni nanti, ujar Yogi.

"Insya Allah, saya akan ke Mandeh bulan Juni, setelah acara mantu," bilang Jokowi, yang kembali ditirukan oleh Yogi.

Meski demikian, Presiden mengutus tiga orang menteri untuk menghadiri acara Mandeh Joy Sailing 2015 dan Festival Mandeh. Ketiga menteri itu adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Pariwisata Arif Yahya dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain ketiga menteri peserta Mandeh Joy Sailing terdiri dari staff kementerian terkait, investor pariwisata, Putri Indonesia, beberapa artis, tokoh-tokoh nasional, coordinator staff khusus Wapres dan sebanyak 5 orang duta besar Negara sahabat.

"Ada sekitar 5 duta besar yang mengkonfirmasi akan hadir yakni dari Qatar, Italia, Norwegia, Ceko, dan Denmark. Duta besar dari Qatar dan Italia paling antusias untuk ikut," tutup Yogi.