Hikasmi Berharap Festival Teluk Bayur Dijadikan Sebagai Kalender Pariwisata Sumbar

Himpunan Kekeluargaan Seniman Minangkabau (Hikasmi) menaruh sebuah harapan pada Festival Teluk Bayur agar dijadikan sebagai kalender pariwisata di Provinsi Sumbar. Harapan ini langsung disanggupi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim ketika  membuka Festival Teluk Bayur III di Pelataran Parkir GOR Agus Salim pada Kamis (4/6) malam. Menurut Muslim Kasim Festival Teluk Bayur memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai kegiatan pariwisata dan dimasukkan ke kalender pariwisata Provinsi Sumbar.

Hal ini bukannya tanpa sebab, Muslim Kasim mengungkapkan bahwa Teluk Bayur tidak hanya memiliki potensi ekonomi yang semakin besar, melainkan juga mengandung nilai sejarah.

“Tidak ada yang tidak tahu dengan pelabuhan Teluk Bayur. Hampir orang yang mengenal Minang ini kenal dengan pelabuhan Teluk Bayur. Apalagi saat ini gejolak ekonomi semakin bagus di Teluk Bayur,” papar Muslim Kasim. Ia menambahkan, melalui kegiatan Festival Teluk Bayus ini geliat ekonomi semakin maju dan di pelabuhan Teluk Bayur bisa menjadi pusat ekspor hasil bumi di Sumatera.  “Kalau bisa menjadi pelabuhan utama. Selain itu bisa juga menjadi tujuan wisata karena mengandung sejarah,” ujar Muslim Kasim seperti dilansir oleh harianhaluan com.