Diplomatic Tour

Sumatera Barat di kunjungi oleh rombongan diplomat yang terdiri dari negara: Peru, Lao, Bulgaria, Ukraine, Sudan, Libya, Finland, Croatia, Hungary, Fiji, Iraq, Mexico, Swiss, Korea, Jordan, Solomon Islands, Papua New Guinea, Kazakhstan, Venezuela, Suriname, Yemen, Mozambique, AIPA, Singapore dan Lao. Rombongan diplomat ini sampai di Padang pada tanggal 29 Mei 2015, mereka melakukan kunjungan sampai tanggal 31 mei 2015.

Rombongan di sambut oleh Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno, Pada kesempatan ini gubernur menyampaikan sangat senang menerima kunjungan para duta besar. Gubernur berharap rombongan dapat melaksanakan perjalanan dengan lancar dari awal sampai selesai kegiatan ini. Rombongan disambut di ruangan VVIP dengan penampilan tari tradisional dan penampilan seni khas minang kabau. Setelah meyaksikan penampilan seni budaya rombongan di jamu dengan makan siang bersama. Dari bandara BIM perjalanan di lanjutkan ke PDIKM Padang Panjang, sampai disana rombongan di sambut oleh Walikota dan Forkopimda Kota Padang Panjang. Di PDIKM Wali Kota Padang Panjang menyampaikan potensi daerah yang ada di Kota Padang Panjang. Setelah melakukan temu ramah dan menikmati sate khas padang panjang rombongan kembali melanjutkan perjalanan.

Pada hari pertama ini rombongan di jamu makan malam di Istana Bung Hatta Bukit tinggi. Pada saat makan malam di hadiri Bapak Gubernur, wali Kota Bukit Tinggi, Forkopimda Bukit Tinggi, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan kepala SKPD Pemprov. Sumbar. Pada saat makan malam gubernur memaparkan potensi Sumatera Barat secara umum. Perjalanan hari kedua dilanjutkan dengan mengunjungi Kabupaten Pasaman, rombongan di sambut oleh Pemkab. Pasaman di Equator Kec. Bonjol. Pada penyambutan ini di tampilkan atraksi seni khas Pasaman yaitu Luka Gilo. Pada kesempatan itu Bupati Pasaman menyampaikan potensi yang ada di Kab. Pasaman. Setelah pemaparan dari bupati, rombongan melakukan kunjungan ke Rimbo Panti melihat potensi energi panas bumi. Dan di Rimbo Panti rombongan juga menyaksikan ke indahan alam Rimbo Panti. Bupati mengajak rombongan melakukan temu ramah di rumah dinas sambil makan siang.

Dari Pasaman rombongan melanjutkan kunjungan ke Kab. Tanah Datar, di sana para duta besar mengunjungi Istana Basa Pagaruyung. Di istana pagaruyung para duta besar memperoleh informasi tentang kebudayaan minangkabau secara umum. Dari istana pagaruyung rombongan di jamu makan malam oleh Pemkab. Tanah Datar di rumah dinas Bupati.

Pada hari ketiga para duta besar diajak untuk olah raga golh dan mengunjungi Kawasan Mandeh tepatnya di Sungai Nyalo. Ada sembilan orang rombongan yang melakukan olah raga golf dan yang sisanya 19 (sembilan belas) orang mengikuti kunjungan ke Sungai nyalo.

Dari rangkaian kegiatan itu para duta besar merasa sangat senang dan mereka berjanji akan kembali ke Sumatera Barat dengan membawa investor yang akan berinvestasi di Sumatera Barat.