Besok, Pemerintah Kota Pariaman Akan Gelar Festival Pesisir

Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat akan menggelar Festival Pesisir besok 27/05 hingga 31/05/2015 yang dipusatkan di pantai gandoriah Pariaman. Meski tingal satu hari lagi, namun untuk masalah persiapan sudah hampir finish.

Hal ini senada dengan ucapan Zahirma , Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Kerja Sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pariaman "Persiapan sudah bisa dikatakan 90 persen rampung untuk acara pembukaan," seperti dilansir oleh sumbar.antaranews.com.

Pada acara pembukaan nantinya akan diawali dengan lomba kuliner sate, lomba silat tradisional, lomba "maelo pukek" atau menarik pukat, lomba memasak serba ikan, lomba lagu Minang, lomba selaju sampan, lomba layang-layang, dan ditutup dengan pengumunan pemenang lomba foto bawah laut.Acara akan berlangsung selama lima hari. 

Ada yang menarik dari festival ini yaitu akan diadakan lomba memasak ribuan sala. Setiap peserta akan memasak 300 buah sala yang akan diikuti oleh 300 peserta.

Zahirma menambahkan bahwa "Ada berbagai macam acara yang akan kami laksanakan pada Festival Pesisir, salah satu acara tersebut kami mengadakan lomba memasak sala dengan pemecahan rekor Muri Indonesia sebanyak 90.000 buah sala. Lomba memasak sala ini akan diikuti para peserta ibu-ibu PKK dan masyarakat umum. Dimana nantinya kami akan membuat pengakuan oleh MURI bahwa sala merupakan makanan khas Pariaman," jelasnya.