Meriahnya Pembukaan Festival Siti Nurbaya 2015

Kota Padang tengah diwarnai dengan berbagai festival, kemarin pada kamis (21/5) kawasan disekitar Batang Arau tengah merayakan pembukaan Festival Siti Nurbaya (FSN) 2015 yang dibuka langsung dengan tabuhan gendang oleh Walikota Mahyeldi Ansharullah bersama sejumlah pejabat lainnya.

Festival kali ini berbeda dan jauh lebih meriah dari tahun sebelumnya karena FSN kali ini mengambil lokasi di kawasan Batang Arau, tepatnya dibawah Jembatan Siti Nurbaya. Selain itu FSN tahun ini juga dimeriahkan atraksi Selaju Sampan yang sudah bertahun-tahun tidak diadakan di Padang.

Tidak hanya menampilkan kesenian daerah, tetapi juga dimeriahkan dengan penampilan atraksi budaya luar negeri yang diperagakan oleh masyarakat yang berdomisili di kota setempat.Di antara kesenian yang ditampilkan itu adalah kesenian Sipasan (Tiongkok), Serak Gulo (India), dan kesenian dari Jepang.

Mahyeldi Ansharullah, mengungkapkan "Masyarakat yang tinggal di Kota Padang terdiri dari berbagai etnis daerah dan luar negeri, kebudayaan mereka akan ditampilkan," kata Wali Kota Padang ini pada pembukaan FSN 2015 seperti dilansir oleh antarasumbar.

Dian Fakhri selaku Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang menjelaskan “Selain untuk menguatkan kesan dari tokoh legenda Kota Padang Siti Nurbaya, sekaligus kita ingin memperlihatkan sisi lain Padang sebagai kawasan Kota tua yang pernah menjadi saksi sejarah di kota terbesar di pantai barat Indonesia,”