64 Tim Selaju Sampan Akan Meriahkan FSN 2015

Share :

Festival Siti Nurbaya 2015 akan kembali dihelat 2 hari lagi. Salah satu acara untuk memeriahkannya adalah Selaju Sampan. Sebanyak 64 tim akan berlaga dalam Selaju Sampan , di Batang Arau, 21-24 Mei mendatang.

Alamsyah, ketua pelaksana mengatakan “Ya, sejak pendaftaran bulan lalu, 64 tim mendaftarkan diri untuk ikut serta,” ungkap Alamsyah seperti dilansir oleh Padek.co. Menurutnya, selaju sampan ini merupakan yang pertama sejak Festival Siti Nurbaya digelar tiga tahun sebelumnya secara berturut-turut.

Menurut Alamsyah, selaju sampan merupakan salah satu olahraga tradisional Kota Padang. Untuk itu, dia mengundang seluruh masyarakat Kota Padang untuk datang menyukseskannya.

“Ini merupakan desakan dari masyarakat yang menginginkan adanya selaju sampan di Kota Padang. Para “tuo” dayung Kota Padang berkumpul dan mengajukan proposal kepada Pemko Padang untuk mengadakan selaju sampan. Dan proposal kami direspons oleh Pemko Padang,” ujar Alamsyah.

Untuk meningkatkan antusias dan semangat peserta, panitia menyediakan satu ekor sapi untuk juara pertama, tiga ekor kambing untuk juara II, dua ekor kambing bagi juara tiga, dan satu ekor kambing bagi juara IV. 64 tim tersebut akan dibagi dalam empat grup. Untuk satu sampan berjumlah 12 orang pendayung dengan panjang lintasan 400 meter. Untuk menentukan pemenang adalah peserta yang berhasil menusuk labu-labu dengan sempurna.

“Meskipun sudah mencapai labu-labu terlebih dulu, namun tidak berhasil menusuk labu-labu dengan baik maka yang bersangkutan dinyatakan kalah. Tegasnya, hanya tim yang menusuk labu-labu dengan sempurna yang dinyatakan menang,” ucap Alamsyah.