Presiden Jokowi Batal Kunjungi Mandeh, Peresmian Ditunda

Peresmian kawasan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, yang direncanakan pada sabtu, 16 Mei 2015 ditunda, sebab  Presiden Joko Widodo  membatalkan kunjungannya ke Sumatera Barat dengan alasan agatur fokus mempersiapkan pernikahan anak sulunditundagnya, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda yang digelar pada 11 Juni mendatang.

Meski demikian Presiden Jokowi mengutus tiga orang menteri untuk menghadiri Mandeh Joy Sailing 2015 dan Festival Mandeh, ketiga mentri tersebut yakni Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago mengatakan Presiden Jokowi minta maaf karena harus menunda kunjungannya ke Sumatera Barat. "Karena berkonsentrasi untuk persiapan mantu awal Juni," ujarnya seperti dilansir oleh Tempo.com

Menurut Adrinof, Presiden berjanji untuk mengunjungi Mandeh setelah proses mantu selesai. Presiden juga mengatakan terus mengikuti perkembangan kawasan Mandeh yang akan dijadikan Destinasi Wisata Bahari Terpadu Mandeh. Adrianof pun menirukan ucapan Jokowi "Insya Allah saya akan ke Mandeh bulan Juni, setelah acara mantu," ujar Jokowi.
 
Di kawasan Mandeh seluas 18 ribu hektar itu berada di pesisir Pulau Sumatera, terdapat teluk, laut, dan pulau-pulau kecil. Dikawasan yang berjarak 54 kilometer dari Kota Padang ini juga terdapat pulau-pulau berpasir putih dengan air laut yang tenang dan biru. Ada hutan manggrove dan ada sekitar 70 hektar terumbu karang. Keindahan kawasan ini disetarakan dengan Raja Ampat.

Kawasan wisata ini masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) pada 2014. Di kawasan tersebut juga terdapat shipwreck kapal dagang Belanda “Boelongan Nederland” yang karam ditembak pesawat Jepang pada 28 Januari 1942 saat bersembunyi di Teluk Mandeh.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan persiapan peresmian Kawasan Mandeh sudah dilakukan dengan matang. "Kita menunggu kepastian kehadiran Presiden malam ini," ujarnya pada Rabu, 13 Mei 2014 seperti dilansir oleh Tempo.com