Festival Siti Nurbaya V (FSN-V) Kembali Dihelat 21 Mei Mendatang

Perhelatan Festival Siti Nurbaya V (FSN-V) kembali digelar pada 21 hingga 30 Mei 2015 mendatang. Dalam Festival ini pemerintah kota Padang, Sumatera Barat  akan kembali melombakan tradisi kebudayaan Minangkabau.

Tei Nike, Kepala Seksi Pembinaan Seni, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, mengatakan tradisi kebudayaan yang akan dilombakan dalam FSN V ini yaitu, festival kuliner yang akan melombakan manggiliang lado (menggiling cabe), mangkukua karambia (memarut kelapa), malamang (memasak lemang), dan meracik jus pinang.
     
Tidak hanya itu saja, ada  juga perlombaan Tari Pasambahan, Tarompa Tampuruang (memakai sandal dari batok kelapa), Baju Kuruang Basiba, Gamad, Randai, nyanyi Minang, dan foto. Festival ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Kota Padang.
     
Lomba akan dibedakan menjadi dua kategori, yaitu kategori perwakilan kampung atau kelurahan dan umum. Masing-masing kelurahan akan mengutus tim untuk masing-masing lomba mewakili daerahnya, dan mereka akan dibebaskan dari biaya pendaftaran. Sedangkan untuk peserta umum, para pendaftar harus membayar biaya pendaftaran sesuai jenis lomba masing-masing, Ungkapnya.
     
Semua lomba tradisi kebudayaan akan digelar di Gelanggang Siliah Baganti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang. Sedangkan untuk lomba selaju sampan akan diadakan di Muara Jembatan Siti Nurbaya Padang, tambahnya lagi.
     
"Pembukaan Festival Siti Nurbaya ini akan dilakukan pada 21 Mei 2015 di Muara Siti Nurbaya, sekaligus menjadi tempat lomba selaju sampan," jelasnya. Biasanya lomba yang paling populer dan banyak diikuti adalah lomba kuliner dan lomba "baju kuruang basiba".