Festival Danau Maninjau Akan Digelar 31 Mei Mendatang

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan menggelar Festival Danau Maninjau pada 31 Mei hingga 6 Juni 2015 mendatang. Festival ini akan disemarakkan oleh Kontes batu akik antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat, yang digelar di Muko-muko Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya dengan kategori lumuik, motif, ido gres dan lainnya.

Tidak hanya kontes batu akik, kegiatan lain juga ikut menyemarakkan Festival Danau Maninjau diantaranya lomba pencak silat tradisional di SMKN 1 Tanjung Raya, Paralayang di Puncak Lawang Kecamatan Matur. Serta penampilan kesenian Minangkabau di Muko-muko Nagari Koto Malintang, pameran usaha mikro kecil dan menengah di Muko-muko Nagari Koto Malintang.

Hadi Suryadi , Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam, mengungkapkan "Saat ini panitia telah melakukan persiapan lokasi kegiatan dan kita harapkan kegiatan ini berjalan dengan sukses nantinya," ujarnya.

Festival Danau Maninjau ini bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu, sehingga jumlah kunjungan lebih meningkat dari 2014. Pada 2014, jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 392.318 untuk nusantara dan sebanyak 28.146 wisatawan mancanegara.

Sementara pada 2013 sebanyak 308.740 wisatawan nusantara dan sebanyak 20.733 wisatawan mancanegara, pada 2012 sebanyak 252.510 wisatawan nusantara dan sebanyak 19.006 wisatawan mancanegera.

"Jumlah kunjungan ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kita akan mengadakan berbagai even untuk menarik wisatawan," katanya