Kunjungan Festival Langkisau 2015 Membludak

Arena Festival Langkisau XIII di Carocok, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Sabtu (18/4) hingga Minggu (19/4) diserbu oleh  pengunjung. Puncak kunjungan terjadi malam Minggu dan hari Minggu pagi hingga sore. Pada malam Minggu gerak kendaraan di kawasan itu terlihat lamban akibat banyaknya kendaraan menuju Pantai Carocok.

Gunawan, Ketua Panitia Festival Langkisau ke XIII,  menyebutkan, kunjungan ke arena Festival Langkisau memang membludak pada malam Minggu dan Minggu pagi hingga sore. Namun berkat kesigapan petugas baik Polri, Pol PP dan personel Dinas Perhubungan tidak terjadi kemacetan yang mengganggu. Petugas memberlakukan pintu masuk dan keluar kawasan Carocok.

Dikatakannya, Festival Langkisau XIII yang dibuka hari Rabu (15/4) lalu oleh PLT Sekda Sumbar Devi Kurnia mewakili Gubernur Sumbar bakal berlangsung hingga 21 April mendatang tersebut merupakan ajang promosi wisata Pessel ke dunia luar. Hal ini menurutnya akan berdampak langsung pada kunjungan wisata dan ekonomi masyarakat Pessel secara umum.

Selanjutnya Nasrul Abit, Bupati Pessel  mengaku sangat senang atas kunjungan ke Festival Langkisau XIII. Menurutnya, fasilitas bagi pengunjung saat ini sudah memadai mulai dari penginapan, parkir, rumah makan dengan harga yang sudah diatur sesuai tarif yang direkomendasi pemerintah. Pengunjung selain dapat menikmati keindahan alam Puncak Langkisau, Carocok dan Panasahan juga dapat menikmati berbagai produk kerajinan lokal misalnya akik Ujung Tanjung, sulaman bayangan dan produk-produk lainnya.

Nasrul menjelaskan tentang iven selama Festival Langkisau Tahun 2015. Pertama ada bazar atau pameran berlang­sung dilaksanakan pada 15-21 April di Lapangan Parkir Carocok, gelar semarak Pessel berlangsung tanggal 16-20 April 2015 di Lapangan Parkir Carocok. Kemudian selaju sampan pada 16-18 April di Teluk Painan, Paragliding Trip of Indonesia Seri I tanggal 16-19 April 2015.

Lomba foto bawah laut menurutnya berlangsung pada tanggal 17-21 April 2015 di Kawasan Mandeh Koto XI Tarusan. Pada tanggal 18-19 April digelar olahraga BMX Local Heroes Road to IOXC 2015 di Lapangan Parkir Caro­cok. Lomba mangaik mungkuih diselenggarakan pada tanggal 21 April 2015 di Kecamatan Ranah Pesisir.

“Lalu kegiatan pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Pessel tahun 2015 tanggal 21 April 2015 bertempat di Pentas Utama Lapangan Parkir Carocok Painan.

Kemudian masih serangkaian dengan kegiatan FL XIII maka juga ada kegiatan di luar bulan April yakni Volly Pantai Tingkat Nasional pada 21 - 24 Mei 2015 di Lapangan Volly Pantai Sago dan lomba mancing pada 6-7 Juni 2015 di TPI Carocok Painan,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan FL yang diselenggarakan dari tahun ke tahun telah membuahkan hasil bagi dunia pariwisata dan ekonomi masyarakat setempat. Semenjak dilaksanakan 13 tahun lalu hingga kini, Pesisir Selatan semakin dikenal di dalam negeri dan bahkan luar negeri.

“Pessel tampil sebagai pesaing utama wisata nasional. Bahkan dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Minang Kabau kawasan ini telah tampil sebagai destinasi wisata nasional. Terakhir kawasan wisata Pessel telah masuk dalam RPJM Nasional,” katanya.

Kawasan Pantai Carocok booming pada 2014 lalu dengan angka kunjungan yang fantastis. PAD yang dihasilkan dari wisata Pantai Carocok naik 4000 persen dari tahun 2013. Tahun 2013 PAD hanya Rp40 juta, sementara tahun 2014 PAD meningkat jadi Rp1,6 miliar.

“Kita berharap dengan Festival Langkisau ke XIII tahun 2015 ini, wisata Pessel makin berkembang dan diminati pengunjung yang banyak dan membuat ekonomi masya­rakat bergerak lebih baik. Kedepan, Pemkab akan memberikan pelatihan-pelatihan bahasa asing bagi pelaku wisata di Carocok Painan,” katanya.

Suhandri (45) warga Pekan Baru Riau yang datang ke Pantai Carocok menyebutkan, dengan adanya Festival Langkisau semakin menarik bagi waisatawan. Ia sengaja datang ke Carocok sekaligus ingin melihat tradisi lokal lewat Festival Langkisau.