Lomba Dayung Tradisional Meriahkan Festival Langkisau

Guna menggalakkan potensi wisata, pemerintah daerah setempat tahun ini kembali menggelar lomba dayung tradisional "Festival Langkisau" 2015 yang dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit, Kamis (16/4).
 
"Lomba dayung ini akan diikuti sebanyak 18 klub dari berbagai Sumatera, lomba akan berlangsung selama tiga hari ke depan, " ucap Nasrul Abit di Dermaga Tempat Pelelangan ikan (TPI) Painan.
 
Pemkab setempat sengaja menempatkan lomba dayung tradisional dalam rangkaian "Festival Langkisau 2015" bertempat di perairan laut Muara Painan Pesisir Selatan dengan tujuan untuk memperkanalkan potensi bahari yang dimilikinya.
 
Dari perlombaan dayung tradisional ini juga diharapkan tumbuh bibit-bibit muda yang berprestasi dan mampu mengharumkan nama daerah dan kesatuan asal tim masing-masing begitu juga dengan Bangsa Indonesia.
 
18 tim dayung putra dari berbagai daerah di Sumbar yang ikut antara lain Putra Muaro Painan, Api-Api Predator, Taluak Batuang Batangkapas dan Lunang. Sedang dua tim lagi merupakan tim yang diturunkan Tentara Nasional Indonesia (TNI).
 
"Tim Dayung Batalyon Infanteri (Yonif) 131 Braja Sakti (BRS) Payakumbuh dan Tim Dayung Yonif 133 Yudha Sakti Padang juga ambil tempat pada Lomba Dayung "Festival Langkisau 2015, " katanya.
 
Seperti sebelumnya, lomba dayung tradisonal tersebut dilaksanakan di pinggir laut Pantai Painan dengan rute sepanjang 800 meter. Mulai (start) dari Muara Painan dan selesai (finis) di tempat pelelangan ikan (TPI) Carocok Painan.
 
Hadiah utama yang disediakan panitia berupa uang kontan dan trofi.