Pembukaan Acara Festival Langkisau 2015

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar "Festival Langkisasu 2015" di Painan selama sepekan. Festifal ini dimulai  Rabu, (15/4) kemaren. Festifal ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Pesisir Selatan yang ke-67 yang dilaksanakan dalam bentuk Sidang Paripurna Istimewa DPRD Pessel di Gedung GOR Zaini Zein dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Pessel Martawijaya.

Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata Seni Pemuda Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan , di Painan mengatakan Festival Langkisau merupakan kegiatan rutin pemkab setempat setiap tahunnya dalam rangka mempromosikan pariwisata di daerah itu.

"Potensi pariwisata yang dimiliki kabupaten ini cukup banyak dan bagus, namun membutuhkan promosi hingga dikenal lebih banyak orang, baik dalam maupun luar daerah, bahkan mancanegara, " katanya.

Promosi dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti  kegiatan pegelaran wisata, publikasi media massa, iklan, dan sebagainya. Melalui pegelaran yakni melakukan kegiatan tahunan "Festival Langkisau. Kegiatan itu juga sebagai wadah untuk memperkenalkan produk andalan kabupaten setempat kepada banyak orang yang berada di luar daerah.

Menurutnya, promosi sangat penting untuk mengenalkan daerah serta potensi yang dimiliki ke banyak orang. Tanpa upaya tersebut, potensi wisata yang dimiliki tidak akan dikenal oleh banyak orang, begitu juga dengan potensi lainnya.

Kita berharap  ke depannya dengan pegelaran ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke daerah ini dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, katanya.

Sementara Harmaini, Kepala Bidang Pariwisata setempat  menyebutkan pada perhelatan itu (Festival Langkisau) akan digelar berbagai kegitan pariwisata, olah raga, seni dan budaya.

Berbagai kegiatan itu dipadukan menjadi satu hingga menjadi pegelaran nasional. Untuk olah raga akan digelar lomba renang di laut lepas, selaju sampan (lomba perahu dayung), voli pantai dan sebagainya.

Sedangkan seni budaya akan digelar lomba randai, debus dan pagelaran rabab pasisie. Untuk meramaikan lokasi, panitia juga menyediakan tenda-tenda kecil bagi pedagang kecil untuk menjual berbagai makanan atau kuliner dan produk unggulan lainnya.

Selain itu, sekitar lokasi juga disediakan tenda-tenda pameran untuk para pengusaha industri rumahtangga dalam mempromosikan barang-barang industrinya.