A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Foto, Ajang Promosi Pariwisata

Sebanyak 52 karya fotografi hasil jepretan fotografer Sumbar yang telah memenangkan lomba, baik nasional maupun internasional dipamerkan di Galeri Taman Budaya Padang, kemarin (30/3).

Acara pameran yang digelar selama seminggu ini juga diisi workshop fotografi serta pemberian penghargaan terhadap fotografer terbaik. Acara yang digelar Forum Komunikasi Fotografer Sumbar ini merupakan rangkaian acara Gathering Fotografer Sumbar.

Sejumlah fotografer dari berbagai komunitas foto, pewarta foto, Asita Sumbar dan Dinas Pariwisata hadir dalam acara tersebut. Kepala UPTD Taman Budaya Padang Muasri mengatakan, dewasa ini semua orang bisa memotret.

Sudah banyak handphone yang memiliki kamera, tapi foto yang bagus dan menarik serta berbicara masih susah didapat. Padahal, dengan foto kita dapat mempromosikan kebudayaan dan pariwisata. “Semoga kegiatan ini memicu kreativitas orang menghasilkan karya foto,” ujarnya.

Ketua Panitia Rafi Tanjung mengatakan, pemeran foto ini merupakan hasil karya para fotografer.
“Ada 52 karya dari 22 fotografer dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari Pekanbaru, Batam, Jakarta, dan Surabaya. Mereka merupakan warga Sumbar yang tergabung dalam Forum Komunikasi Fotografer Sumbar,” ujarnya.

Menurut Rafi, fotografer adalah salah satu duta promosi pariwisata Sumbar. Mereka memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata Sumbar lewat karyanya.

Sudah banyak juga yang berprestasi, seperti Zulkinchai, yang pernah memenangkan lomba foto internasional kategori satu General Pivot Hipa-Dubai. Catatan Padang Ekspres, forum ini dideklarasikan tahun 2012 lalu di Bukittinggi. Kegiatan awal ketika itu adalah hunting foto tradisi pacu jawi  di Kabupaten Tanahdatar.

Berbagai foto hasil jepretan para fotografer tersebut menyebar ke berbagai saluran, seperti website, blog, facebook, twitter dan lainnya sehingga banyak diketahui masyarakat dunia sekaligus promosi pariwisata Sumbar. (*)