Batu giok bertuliskan arab ramaikan Majex 2015

Batu giok bertuliskan arab menjadi perhatian para pengunjung yang memadati Minangkabau Akik Jawelry Expo 2015 (Majex 2015) yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar.

Acara yang akan dilaksanakan dari tanggal 3 hingga 5 April mendatang, akan memamerkan berbagai macam jenis batu akik asal Sumatera Barat.

“Batunya seperti giok, tapi ada tulisan arabnya. Dan tuilisan arab itu mengandung makna yang dalam,” ujar M. Adi salah seorang pengunjung di ajang Majex 2015. Jum’at (3/4).

Anda penggila dan penikmat batu akik dapat mendatangi Kantor Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar untuk melihat-lihat dan membeli berbagai jenis batu akik asal Sumbar. Di ajang ini, selain menikmati masyarakat juga dapat membeli berbagai jenis batu akik daerah lain di Indonesia. Seperti Red Raflesia, Pancar Garut dan banyak lainnya.

Selain itu, pengunjung pameran ini nantinya juga dapat melihat-lihat pameran bonsai. Puluhan pohon bonsai berbagai jenis juga di pamerkan di ajang Majex 2015 ini.

Selain menikmati berbagai jenis batu akik pada ajang kali ini pengunjung dapat juga dapat mengikuti kontes batu akik yang dilaksanakan oleh panitia. Dengan mambayar uang pendaftaran sebesar Rp. 100.000 pengunjung sudah dapat mengikuti uji keindahan batu akik miliknya.

Bagi anda yang pengrajin batu akik juga dapat mengikuti lomba asah batu akik tradisional, dimana mengasah batu  akik dengan peralatan manual  yang telah disediankan oleh panitia. Hadiah menarik telah menanti bagi para pemenang.

Di ajang Minangkabau Akik Jawelry Expo 2015 (Majex 2015) setiap harinya juga akan dilaksanakan lelang batu akik. (*)