A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Batu Akik jadi Cenderamata Tds

Minangkabau Akik Jewelry (Majex) 2015 masih belum banyak diminati pecinta batu akik. Ini terlihat masih sepinya peserta yang mendaftar kontes batu akik di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumbar itu.

Hingga kemarin, peserta kontes yang akan diadakan 3-5 April itu masih tercatat sepuluh orang dari sembilan kabupaten dan kota di Sumbar.

“Mungkin ini karena sekarang lomba yang sama baru saja dilaksanakan di RRI. Tapi biasanya pendaftar mulai ramai satu atau dua hari jelang pelaksanaan,” kata Kepala Disparekraf Sumbar Burhasman Bur kepada wartawan, kemarin.

Namun dia memastikan lomba tersebut memiliki keunggulan dibandingkan lomba yang sama lainnya. Selain kontes, bursa batu akik dan pameran suiseki, juga akan diadakan lomba asah batu akik dan asah akik kreasi serta coaching clinic.

Untuk coaching clinic nantinya para peserta diberikan pemahaman kebatuan. Ini untuk menepis adanya nalar dari masyarakat yang mengasumsikan batu akik dianggap juga memiliki magis.

Karena bisa saja sejumlah unsur yang terkandung pada batu akik itu merupakan radioaktif atau unsur kimia lainnya. Agar masyarakat bisa memahami bahwa hakikatnya barang tersebut sebagai hobi atau perhiasan yang memiliki nilai ekonomis.

Iven ini akan mendatangkan tiga praktisi batu yang diyakini telah berkiprah hingga ke tingkat internasional. Mereka adalah Ade Edward, Rahmad Wartira serta Irwandi Sulin.

“Jadi, selain memamerkan batu, kegiatan ini kita kemas juga dalam bentuk pemberian pemahaman kepada masyarakat Sumbar mengenai batu dan teknik mengasahnya,” tambah Kabid Ekonomi Kreatif Seni dan Budaya Disparekraf Sumbar Irwan Efendi.

Untuk jangka panjangnya, instansi ini tersebut juga akan menjadikan batu akik sebagai cenderamata yang akan dikantongi peserta Tour de Singkarak (TdS) 2015 pada Oktober mendatang. Upaya itu dinilai salah satu langkah strategis mempromosikan ikon Sumbar yang kini juga sudah booming. (*)