TDS ke 7 - Digelar Oktober 2015

Iven sepeda dan wisata Tour de Singkarak bakal dihelat lagi pada tahun 2015. Alek internasional yang ke - 7 tersebut direncanakan pada 3 - 11 Oktober tahun ini. Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil rapat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar bersama beberapa pihak lainnya.

Hadir dalam rapat tersebut Dinas Prasarana Jalan dan Dinas perhubungan, Dinas pariwisata kabupaten dan kota se Sumatera Barat.

Dalam rapat koordinasi tersebut direncanakan Pesisir SElatan sebagai tempat pembukaan dan start. Selain itu jalur Jalur Sicincin Malalak dirasa cukup siap menghadapi event juga dipersiapkan. Menurut Dinas Prasjal Tarki, secara keseluruhan kondisi route-route yang pernah dilewati peserta TdS tahun sebelumnya dianggap layak untuk dilewati, tapi sebaiknya dilakukan survey sebelum pelaksanaan event.

Sampai sekarang pihak Kementerian Pariwisata R.I. belum bisa turun langsung ke lapangan karena SOTK yang baru belum final

Pesisir Selatan sebagai penyelenggara grand opening dan grand start diharapkan berkomunikasi secara intens dengan Forkompimda, terutama mengenai akomodasi.

Sedangkan dari pihak Karma Event menyebutkan TdS 2015 sampai sekarang sudah dalam proses. Pihak Karma Event sudah melakukan dua kali pertemuan dengan pihak Kementerian Pariwisata R.I. terkait pelaksanaan TdS 2015. "Sudah tercatat beberapa tim yang mendaftar dan confirm.

Disebutikan juga pada iven TdS 2015 direncanakan akan diikuti oleh 20 team yang terdiri dari 15 team asal mancanegara dan 5 team lokal
"Diharapkan team yang baru pertama kali ikut akan menjadi competitor bagi team-team asal Iran. Diusahakan transfer atlet seminimal mungkin dengan tersedianya hotel di daerah-daerah (hotel akan disurvey),"

Hanya saja dalam iven tahun ini, Total jarak lomba tidak akan banyak berubah dibandingkan tahun sebelumnya. Pihak Karma Event telah menyiapkan beberapa route alternativ. Pihak Karma Event akan segera memproses sponsorship dan daerah juga diharapkan segera memproses sponsorship dengan berkoordinasi dengan pihak Karma Event.

Dalam rapat koordinasi tersebut diharapkan adanya peningkatan berupa, promosi TdS paling efektif adalah melalui sosial media, Akan dilakukan survey awal pada bulan Januari 2015 dan Diharapkan terdapat route-route baru yang menantang


Beberap perwakilan Disbudpar daerah seperti Kota Padang Panjang, Disbudpar Kota Bukittinggi, Disbudpar Kota Sawahlunto, Disbudpar Kota Solok, Disbudpar Kota Pariaman, Disbudpar Kota Payakumbuh, Disbudpar Kab. Limapuluh Kota, Disbudpar Kab. Tanah Datar, Disbudpar Kab. Sijunjung, Disbudpar Kab. Pesisir Selatan, Disbudpar Kab. Pasaman Barat, Disbudpar Kab. Agam, Disbudpar Kab. Solok Selatan, Disbudpar Kab. Padang Pariaman, menyatakan kesiapan sebagai tempat start atau finish

Sedangkan beberapa Disbudpar tidak hadir dalam rapat tersebut, yaitu Disbudpar, Pasaman, Dharmasraya, Mentawai  termasuk Dinas Pariwisata Kota Padang. (*)