Kemilau Minangkabau

Merupakan sebuah kegiatan yang memamerkan kekayaan alam Sumatera Barat berupa batu akik, permata, souvenir dan produk khas lainnya. Kegiatan ini dipadukan dalam beberapa kemasan, seperti pameran, lelang, bursa, kontes, parade dan festival.

Kemilau Minangkabau merupakan gagasan dari tiga komunitas besar yaitu Padang Ekspres Event Organizer (Padek EO), abangadek advertising dan komunitas Minang Gemstone. Untuk pertama kali kegiatan ini digagas oleh Yulviadi, sebagai ketua pelaksana, Tandri Eka Putra yang akrab dipanggil abenk sebagai sekretaris, dan Winda Khairani sebagai Bendahara.

Dukungan dari Komunitas Minang Gemstone, sebagai komunitas penyuka batu akik di Sumatera Barat juga digawangi, Syafwandi, dosen Universitas Negeri Padang sebagai ketua, Gusfen Khairul, koresponden MNC TV di Sumatera Barat dan Tandri Eka Putra, pemimpin redaksi www.padek.co, padang ekspres digital media

Untuk pertama kali Kemilau Minangkabau digelar pada tanggal 19 - 21 Desember 2014. Kegiatan ini terlaksana secara spontan ketika booming batu akik di Sumatera Barat. Padang Ekspres sebagai media leader di Sumatera Barat mengambil peran untuk mengangkat nilai kekayaan alam Minangkabau itu.

Direncanakan kegiatan ini akan dikelola secara periodik tahunan dan mengusung berbagai tema untuk mengangkat kekayaan alam Sumatera Barat. Berbagai dukungan juga datang dari pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Dekranasda Sumbar, PHRI, Asita, komunitas - komunitas batu akik di Sumatera Barat dan dukungan G Lab PT Pegadaian dengan mengirimkan juri khusus untuk kontes.