Danau Laut Tinggal

Danau Laut Tinggal Hiasan Hutan Hujan Tropis di Gunung Tuleh

Pemandangan wisata yang sangat eksotis serta alami dapat kita temukan di Jorong Sitabu, Kec. Gunung Tuleh. Danau Laut Tinggal, temuan ekspeditor Jerman Rabenstern dan Herwig Zahorka, melalui pantauan satelit ekpeditor yang berasal dari Jerman tersebut melihat adanya danau yang belum terjamah di bagian utara Provinsi Sumatera Barat.

Ekspedisi untuk menemukan Danau Laut Tinggal dilakukan penjelajahan selama 6 hari oleh ekspeditor Jerman yang dibantu oleh 18 orang masyarakat Nagari Rabi Jonggor yang berperan sebagi perintis jalur perjalanan di hutan.  


Ekspedisi berakhir ketika peneliti Jerman beserta masyarakat yang ikut dalam perjalanan menemukan sebuah danau yang sangat indah, uniknya, di danau tersebut tidak terdapat hewan ataupun ikan yang hidup di dalam air danau tersebut. Belum ada penelitian lanjutan menegnai apa yang menyebabkan tidak adanya hewan yang hidup di danau ini.

Ekspeditor jerman mendokumentasikan hasil penemuan mereka. Pesona pemandangan danau alami yang belum terjamah tersebut. Alam yang hijau, indah dan asri dihiasi dengan hutan hujan tropis yang masih 'perawan'. Danau Laut tinggal memiliki diameter 2 Km, berada pada ketinggian 1.940 meter di atas permukaan laut. Jarak menuju danau ini adalah 20 Km dari Sitabu/ sekitar 50 Km dari pusat kota Pasaman Barat.

Nama Objek Wisata
Danau Laut Tinggal

Jenis Objek Wisata
Wisata Alam

lokasi
Terletak di  Jorong Sitabu, Kec. Gunung Tuleh, Sumatera Barat, berjarak Tempuh sekitar 50 Km dari pusat kota Pasaman Barat dengan menggunakan kendaraan roda 4 dan roda 2 .

Pengelola


Aktivitas


Fasilitas Objek Wisata


Tips dan Saran