Ikan Larangan Lubuk Landur di Kec. Pasaman

Ikan  larangan Lubuak Landua Kecamatan Pasaman terletak + 10 Km dari pusat kota Simpang Ampek. Ikan larangan tersebut dipercaya masyarakat setempat tidak boleh ditangkap dan dikonsumsi karena dapat dampak pada diri orang yang mengkonsumsinya  perut membesar.

Ikan larangan Lubuak Landua  terdiri dari jenis Gariang yaitu sejenis ikan yang suka hidup di air deras dengan bentuk tubuh panjang hampir mirip dengan ikan bandeng yang ada dilaut jawa.  Lokasi Ikan larangan Lubuak Landua sering dikunjungi oleh wisata local terutama pada libur. Wisatawan yang dating bisa mandi-mandi sambil memberi makan ikan Gariang, Makan ikan berupa jagung, kacang rebus  dan roti banyak tersedia disekitar lokasi. Dengan membeli 2 (dua) bungkus jagung seharga Rp. 2000,- , anda akan puas melihat ikan-ikan saling berlomba memperebutkan makanannya.

Di lokasi ikan larangan tersebut juga terdapat Surau yang dibangun oleh Syech Lubuak Landua (Syech Muhammad Basyir).  Surau tersebut diperkirakan berumur lebih dari 100 Tahun.

Disamping ikan larangan Lubuak Landua, juga ada ikan larangan yang berlokasi di Kinali.