A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Generasi Piknik Indonesia | Genpiknik.com - Indonesia Travel, Budaya, Kreatif

Perkembangan Hotel Wisata di Pasaman Barat

Pariwisata dan Perhotelan
Berdasarkan potensi wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Pasaman Barat rata-rata kawasan wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Pasaman Barat tidak memiliki fasilitas penunjang pariwisata, atau dengan kata lain industri pariwisata (bahari) di kabupaten Pasaman Barat belum berkembang. Beberapa peluang investasi yang dapat dilakukan untuk wisata bahari adalah : Pembangunan Objek Wisata Pantai, Pulau dan Laut di Air Bangis, Sasak dan Muara Bingung.

Pengembangan kawasan pariwisata di Kabupaten Pasaman Barat adalah ;

Penataan kembali perkampungan nelayan pada lokasi yang akan dikembangkan sebagai kawasan wisata pantai. Pengembangan dan pembangunan sarana dan prasarana penunjang kawasan pariwisata, penyusunan paket-paket wisata yang menarik dan unik serta promosi wisata yang terpadu.

Namun semua lokasi pariwisata ini belum terkelola secara profesional, sehingga belum dikenal orang luar kabupaten. Meskipun tempat-tempat ini telah ramai dikunjungi wisatawan lokal terutama pada hari-hari besar seperti hari lebaran, tahun baru dan hari besar lainnya.

Perhotelan

Sebagai daerah yang baru berkembang yang terletak di ujung utara ibu kota propinsi Sumatera Barat, serta merupakan daerah perlintasan menuju Sumatera Utara, maka daerah ini sering dilewati dan dikunjungi oleh [Hotel Pasaman] para pendatang untuk berbagai keperluan. Untuk melayani kebutuhan tersebut maka di beberapa daerah di Kabupaten Pasaman Barat terutama Simpang Empat sebagi kota kabupaten telah dibangun beberapa penginapan berupa hotel, wisma dan losmen. Semua aktifitas yang di lakukan di Kabupaten Pasaman Barat dapat ditampung di wisma tersebut baik aktifitas swasta maupun negeri.

Di seputaran kota Simpang Empat telah dibangun sebanyak 3 buah hotel, 4 buah wisma, sedangkan di beberapa kecamatan juga telah disediakan tempat penginapan berupa losmen atau mess pemda seperti di air Bangis, Ujung Gading dan Talu. Namun masih belum tersedia hotel berbintang yang bisa mengakomodir kebutuhan penginapan di kabupaten Pasaman Barat, yang setiap tahun semakin meningkat.