Koperasi Sektor Wisata Tumbuh di Sawahlunto

Masih dalam rangkaian hari jadi ke-126, Sawahlunto meraih penghargaan Kota Penggerak Koperasi Tahun 2014. Penghargaan diterima Wali kota Sawahlunto Ali Yusuf dari Menteri Koperasi dan UKM Indonesia AA Ngurah Puspayoga di Gedung Smesco Tower, Jakarta, Selasa (9/12).

Penghargaan tersebut berupa sertifikat dan pataka. Kota Sawahlunto dinilai pemerintah berhasil menggerakan koperasi, yang ditandai terdapatnya lebih dari 75 persen koperasi aktif di daerah yang kini terus berupaya pengembangan sektor pariwisata itu.

“Alhamdulillah, ini kado istimewa bagi masyarakat Sawahlunto pada hari jadi ke-126,” ujar Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf kepada wartawan usai menerima penghargaan.

Bagi bapak tiga anak tersebut, penghargaan yang diberikan pemerintah pusat tersebut merupakan kado Hari Jadi Kota ke-126 bagi masyarakat Sawahlunto, yang kini berjumlah 65 ribu lebih tersebut.

Penghargaan ini, lanjut pria yang pernah diamanahkan sebagai Manager KUD Talawi itu, merupakan hasil kerja sama seluruh koperasi dan anggota koperasi, Dekopinda, masyarakat dan pemerintah kota, yang telah membangun perkoperasian di Sawahlunto.

Ke depan, Ali Yusuf mengharapkan semua elemen dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja perkoperasian yang telah dibangun selama ini. Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM RI, AA Ngurah Puspayoga mengharapkan, penghargaan yang diberikan ini dapat mendorong lebih bergairahnya pengembangan koperasi dan UKM di Sawahlunto.

Sehingga, koperasi yang diharapkan menjadi soko guru perekonomian tetap dapat diwujudkan dalam upaya menyejahterakan anggota dan masyarakat. Koperasi hadir dari masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Sehari sebelum acara penyerahan penghargaan, wali kota Ali Yusuf, Bupati Malang dan Bupati Badung, Bali memaparkan langkah yang dilakukan dalam menggerakan koperasi di daerahnya.

Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf memaparkan upaya yang dilakukan dalam memajukan koperasi di Sawahlunto. Selain itu, pihaknya berupaya menjadikan koperasi sebagai wadah bernaungnya aktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjadi bagian ekonomi kerakyatan.

Bersama Sawahlunto, terdapat 24 kabupaten dan kota serta satu provinsi yang memperoleh penghargaan selaku penggerak koperasi. Tiga di antaranya, Kota Sawahlunto, Padang dan 50 Kota dari Sumatra Barat. Turut hadir dalam menerima penghargaan itu, Kepala Dinas Pertambangan Industri Perdagangan Koperasi dan Tenaga Kerja (Perindagkopnaker) Sawahlunto Deswanda, Kabid Koperasi Yosrizal dan Ketua Dekopinda, M. Syarif. (*)