Pawai Alegoris di Padangpanjang Meriah

Pawai Alegoris dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 69 di Kota Padangpanjang berlangsung meriah. Dalam catatan padangmedia.com, pawai pembangun kali ini terbanyak diikuti peserta meskipun untuk kendaraan hias hanya diikuti oleh beberapa kendaraan SKPD di lingkungan Pemko Padangpanjang.

Walikota Padangpanjang, Hendri Arnis terlihat sumringah dengan banyaknya peserta pawai dari tingkat SD sampai SLTA tersebut, lengkap dengan beragam busana yang diperagakan. Termasuk busana tradisional serta busana trend saat ini seperti busana pengantin Minang dan busana pengantin masa kini.

"Banyaknya peserta yang menampilkan berbagai busana sesuai kemajuan zaman kemerdekaan. Kita harapkan tahun depan akan lebih banyak lagi dan lebih meriah. Termasuk di tingkat kelurahan, pada tiap rumah penduduk minimal memasang bendera Merah Putih dan kegiatan kepemudaan," ungkap Wako Hendri Arnis menyaksikan antusias peserta pawai.

Meskipun demikian, dengan kemajuan zaman kemerdekaan saat ini, Wako Hendri mengajak semua pihak, pelajar dan masyarakat untuk menyadari bahwa kemerdekaan yang dinikmati saat ini didapatkan dengan tumpah darah dan mempertaruhkan nyawa oleh pejuang bangsa. Karena itu, menjadi kewajiban semua pihak untuk berperan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan penuh rasa persatuan dan kesatuan.

Pawai pembangunan kali ini juga berbeda dengan pelaksanaan pawai-pawai pembangunan sebelumnya. Semua peserta dikumpulkan di Lapangan Khatib Sulaiman dan dilepas secara resmi oleh Walikota di depan Kompi Markas Secata B dan finish di Lapangan Brigjen Anas Karim Kantin. Sedangkan pada tahun-sebelumnya peserta pawai dikumpulkan di Lapangan Brigjen Anas Karim Kantin dan dilepas di depan Kompi Markas Secata B.

Yang cukup menarik dari penampilan pawai kali ini, Wako Hendri Arnis bahkan ikut bergabung dengan beberapa tim peserta pawai. Bahkan, beberapa siswa dengan busana militer, badut, dokter dan berpakaian toga dipanggil ke panggung kehormatan untuk foto bersama pejabat lainnya.

Dari pantauan padangmedia.com, di lapangan selain jumlah peserta yang cukup banyak, yang tak kalah ramai adalah masyarakat yang menyaksikan. Mereka memadati jalan-jalan utama kota guna menyaksikan peserta pawai. Untuk menyaksikan langsung keramaian masyarakat tersebut, Wako Hendri Arnis juga turut memantaunya dengan menaiki kereta wisata Mifan. (isril)