Pariwisata di Sumbar Terkendala Transportasi Umum

POTENSI alam di Sumatera Barat memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, kawasan ini sangat lengkap menyajikan keindahan alam. Mulai dari pantai, pegunungan, danau bahkan peninggalan sejarah dan budaya yang dimiliki oleh Sumbar. Sayangnya, pariwisata di kawasan ini masih terkendala. Apa pasal?  
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Burhasman bahwa pariwisata di Sumatera Barat ini masih terkendala transportasi umum seperti taksi.
 
" Kami akui jumlah taksi masih sangat terbatas. Hanya beberapa stakeholder saja yang masuk ke kawasan Sumbar," katanya kepada Okezone belum lama ini di Padang.
 
Lebih lanjut dirinya menambahkan, kendala lainnya adalah penerbangan langsung. Karena saat ini baru satu direct flight yang dimiliki oleh Sumatera Barat.
 
"Kalau semuanya banyak dan tersedia, pasti cukup meningkatkan kunjungan wisatawan di Sumatera Barat," tambahnya.
 
Saat ini pihaknya telah berusaha menjalin kerjasama dan membangun kepercayaan akan potensi alam di Sumbar. Diharapkan, setelah Malaysia, akan ada penerbangan langsung seperti dari Thailand, Singapura, atau Australia. Bukan itu saja, namun juga ada penambahan armada transportasi umum seperti taksi.