Pesona Ramadhan 2019 Gelar Lomba - Lomba Islami

Lomba-lomba Islami yang dikemas dalam beberapa bentuk juga ikut serta memeriahkan Pesona Ramadhan Sumatera Barat 2019. Adapun rangkaian lomba tersebut adalah Lomba azan, Lomba mewarnai kaligrafi, Lomba Nasyid, Lomba qasidah rabana dan Lomba busana muslim.

Hanafi, panitia yang menangani perlombaan tersebut mengatakan sebagian besar perlombaan dilaksanakan di lokasi Masjid Raya Sumatera Barat. Masyarakat bisa datang dan menyaksikan langsung. 

“Lomba bisa disaksikan masyarakat sebanyak – banyaknya. Gratis. Untuk keikutsertaan saja terbatas,” kata Hanafi.

Untuk meningkatkan minat peserta, pihaknya juga tidak memberlakukan syarat yang ketat. Misal saja untuk lomba nasyid yang biasanya ada lagu wajib dan lagu pilihan. “Cukup menampilkan satu nasyid dari salah satu list penyanyi yang telah dipilih,” sebutnya.

Sejak dibuka proses pendaftaran sampai saat ini, minat peserta lomba cukup bagus. Setengah kuota dari masing-masing kategori perlombaan sudah terisi.

“Karena perlombaan terbagi beberapa. Ada juga memiliki syarat usia, maka hampir semua kategori diminati,” katanya menjawab tentang lomba paling diminati masyarakat.

Bagi masyarakat yang berminat bisa mendaftar melalui Dinas Pariwisata Sumbar atau kontak yang ditunjuk untuk setiap perlombaan. Untuk informasi dapat diakses di situs resmi pariwisata Sumbar, sumbar.travel. Diinformasikan juga lomba dai cilik dan fotografi yang sebelumnya ada dalam publikasi sebelumnya, dibatalkan panitia.

Kegiatan Pesona Ramadhan Sumatera Barat ini juga diisi talkshow, hiburan islami, serta kegiatan ibadah. Sementara itu, hiburan bernuasana islami juga akan dimeriahkan dengan fashion show, pentas seni budaya, dan musik religi.

Berikut rangkaian acara Pesona Ramadhan 1440 H/2019 M
24 Mei 2019 : Ngobrol Santai Wisata Halal 
25 Mei 2019 : Lomba busana muslim, mewarnai kaligrafi, nasyid, qasidah dan azan
26 Mei 2019 : Pameran Kuliner dan Berbagi bersama anak yatim. Pabukoan gratis
Hiburan islami (Gambus, Festival Qasidah, musik religi dan nasyid)

“Talkshow wisata halal, dikemas dalam bentuk obrolan santai. Hadir narasumber berkompeten bersama unsur pentahelix pariwisata sebagai peserta,” kata Aries Purnama, Ketua GenPI Sumbar yang menangani kegiatan di luar perlombaan.

Sumatera Barat tahun 2016 lalu, telah meraih predikat sebagai destinasi dan destinasi kuliner halal internasional. Direncanakan kegiatan ini akan menggabungkan seluruh even di kabupaten dan Kota. Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian berharap, Pesona Ramadhan akan menjadi agenda rutin wisata untuk menarik minat wisatawan.

Selain Pesona Ramadhan juga akan ada kegiatan Festival 10.000 Bakoang Ayam dan Lamang Baluo yang dihelat 6 – 7 Juni di daerah Kota Tua, Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat. 

sumber: sumbar.travel