Pengertian Destinasi Pariwisata

Pengertian Destinasi Pariwisata
Pengertian Destinasi wisata menurut Daryanto (1997:167) dalam kamus Bahasa Indonesia lengkap destinasi diartikan sebagai "tempat tujuan atau daerah tujuan wisata"
sedangkan menurut Hadinoto (1996:15) destinasi wisata merupakan suatu kawasan spesifik yang dipilih oleh seseorang pengunjung,ia dapat tinggal dalam waktu tertentu.

PengertianDaerah TujuanWisata
Daerah Tujuan Wisata (DTW) merupakan tempat di mana segala kegiatan pariwisata bisa dilakukan dengan tersedianya segala fasilitas dan atraksi wisata untuk wisatawan. Unsur pokok Daerah Tujuan Wisata,antara lain :
Objek dan daya tarik wisata
Prasarana Wisata
Sarana wisata
Tata laksana/insfrastruktur
Masyarakat/Lingkungan
Menurut Yoeti, 1988:206 Daerah Tujuan Wisata harus ada 
a. Something to see 
b. Something to do 
c. Something to buy
d. Sesuatu yang dinikmati
e. Sesuatu yang berkesan

 

 

Manfaat Memperkenalkan Destinasi Wisata Suatu Daerah

Berbicara tentang destinasi wisata pasti berkaitan erat dengan peningkatan sumber daya alam dan peningkatan ekonomi suatu daerah atau negara. Keseimbangan antara ekonomi dan ekologi merupakan prinsip dasar dalam pengelolaan tempat-tempat wisata sehingga manfaat pembangunan berkelanjutan juga menjadi hal nyata yang dirasakan oleh semua orang.

Lihat juga : Prinsip-prinsip pengembangan Ekowisata

Dengan memperkenalkan setiap keindahan alam kepada publik maka dengan sendirinya akan memberikan informasi destinasi wisata kepada para wisatawan sehingga manfaat buat suatu daerah destinasi wisata antara lain :

1. Tempat wisata tersebut menjadi semakin terkenal

2. Daerah tersebut masuk dalam daftar rencana tujuan para wisatawan

3. Meningkatnya penghasilan para sopir angkutan umum dan angkutan khusus (mobil sewa)

4. Meningkatnya pengasilan tukang ojek

5. Menciptakan lapangan kerja

6. Menigkatkan perekonomian daerah setempat (kelurahan, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi)

Jika banyaknya wisatawan yang datang berwisata disuatu daerah maka dengan sendirinya aktivitas transportasi akan mengalami peningkatan. Nah, hal ini yang saya maksudkan tentang meningkatnya penghasilan para sopir angkutan umum, khusus dan tukang ojek.

Membuka lapangan kerja bagi masyarakat dimana terdapat lokasi wisata dengan berjualan, menjadi pemandu wisata atau menyediakan fasilitas-fasilitas yang bisa disewakan seperti sepeda, motor atau peralatan selam.

Dengan menigkatnya aktivitas wisatawan pada suatu daerah maka secara otomatis menyebabkan meningkatnya perekonomian daerah tersebut. Salah satu contoh, misalnya jalur umum para wisatawan ada pelabuhan kapal laut dan bandara, nah disini terjadi pembayaran retribusi untuk daerah atau sederhananya pembayaran tiket masuk pelabuhan dan bandara. Retribusi adalah pungutan yang dikenakan kepada masyarakat yang menggunakan fasilitas yang disediakan oleh negara.

Meningkatnya perekonomian suatu daerah mencerminkan pemerintahan yang baik demi kesejahteraan masyarakat.