Pacu Kuda Wisata Derby Bukitinggi

Share :

Informasi of Event

Nama : Pacu Kuda Wisata Derby
Bentuk kegiatan : Pacu Kuda
Lokasi : Kota Bukitinggi 
Pelaksana : 
Rate : 
Begin : 
Durasi : 
Periode  : Tahunan. 
Peserta : puluhan kuda
Perkiraan Penonton : 
 

Kontak : 
Disparpora Kota Bukitinggi

Pordasi Sumatera Barat

 

 

Pacu Kuda Wisata Derby di Kota Bukitinggi, dilaksanakan di gelanggang pacu kuda Bukit Ambacang. Kegiatan ini rutin digelar satu kali dalam setiap tahunnya dan biasanya dilaksanakan pada Bulan Maret atau April. 

Hal ini sesuai dengan agenda Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sumatera Barat Peserta berasal dari dari provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau. 

Pacu Kuda Derby merupakan salah kelas bergengsi perlombaan pacu kuda. Dalam lomba ini kuda biasanya mengikuti race dengan menempuh jarak 1.400 atau 1.700 meter. Biasanya kuda yang diikutkan sudah berumur 3 tahun 

Gelanggang pacu kuda Bukit Ambacang sudah dikenal wisatawan nusantara dan mancanegara sejak dahulu hingga kini. Pacu kuda tradisional di Kota Bukittinggi, sudah dimulai sejak tahun 1889. 

Di tengah arena terdapat tribun berbentuk segi delapan, penonton mengelilinggi sisi luar arena gelanggang pacu, diluar terdapat tribun yang terlindung oleh atap. Penonton lain bisa menikmati pacuan kuda di lapangan terbuka.

Olahraga berkuda sudah digemari sejak dahulu kala sebagai olahraga klasik, setiap diadakan pacuan kuda selalu dihadiri ribuan penonton. Pacu kuda juga melibatkan banyak unsur yaitu pemilik kuda, penunggang kuda (jockey) (*)